Bupati Pangandaran Gagas Puskesmas Layak Anak

24

PARIGI – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata berencana menata kawasan Puskesmas Pangandaran, agar lebih nyaman dan ramah anak. Hal itu disambut baik Dinas Keluarga Bencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Pangandaran.

Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Pangandaran Tavian Soekantoro mengatakan rencana bupati untuk menata kawasan puskesmas sangat bagus, itu bisa menambah nilai mendapat predikat Kabupaten Layak Anak (KLA).

”Kalau ada lahannya memang sangat bagus dibuat sebuah taman, disana bisa ditambah dengan mainan anak-anak seperti ayunan, jungkitan dan sebagainya,” tutur dia kepada Radar, Selasa (12/2).

Tidak hanya Puskesmas Pangandaran, jika di puskesmas lain ada lahan yang mencukupi, kata dia, bisa dimanfaatkan taman bermain. ”Area bermain anak, saya kira sangat penting dibuat di seluruh puskesmas,” ucapnya.

Saat ini, menurut dia, di setiap puskesmas memang sudah ada fasilitas anak-anak, namun posisinya ada didalam ruangan. ”Di dalam juga ada tempat menyusui anak, namun yang belum itu adanya ruangan khusus merokok,” terangnya.

Lanjut dia, akan lebih mantap lagi jika larangan merokok di tempat pelayanan masyarakat seperti puskesmas, dikuatkan dalam sebuah peraturan daerah. ”Jadi ada penetapan puskesmas menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR,Red), sehingga anak-anak jadi lebih aman dan nyaman,” terangnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata berencana membangun tempat parkir motor dan mobil, serta taman untuk anak-anak bermain di Puskesmas Pangandaran. ”Bisa saja ini jadi puskesmas layak anak,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan memperbaiki akses ke puskesmas, dengan membangun jalan hotmix. ”Selain itu jalan menuju jalan raya akan diperbesar,” terangnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.