Bupati Pangandaran Pungut Sampah di Sungai

77
0
BERI CONTOH. Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata turun langsung memungut sampah di bantaran Sungai Cikidang, Minggu (21/7).
BERI CONTOH. Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata turun langsung memungut sampah di bantaran Sungai Cikidang, Minggu (21/7).
Loading...

PANGANDARAN – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan (Kopling) Pangandaran melaksanakan aksi bersih sampah di sepanjang bantaran Sungai Cikidang.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengapresiasi kegiatan bersih sungai tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sebagai upaya mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga lingkungan.

”Kalau mengandalkan pemerintah, saya kira ada keterbatasan baik itu sumber dana dan sumber daya manusia. Untuk itu perlu keterlibatan dari semua pihak menciptakan lingkungan bersih “ ujarnya kepada wartawan Minggu (21/7).

Jeje menjelaskan 60 persen indeks kesehatan di bangun dari kebersihan lingkungan. ”Bersih itu sehat, sehat itu tidak sakit, sakit itu mahal,” tegasnya.

Jeje tidak mengharapkan adanya masyarakat yang membuang sampah di sepanjang bantaran sungai atau selokan.

”Kalau membuang air ke sungai jangan yang kotor, harus air yang memiliki mutu baku bagus,” terangnya.

Kegiatan bebersih tersebut, kata Jeje, harus dilakukan secara kontinyu, jangan sampai hanya seremoni sesaat. ”Semoga masyarakat menjadi terangsang mencintai lingkungannya,” ujar dia.

Loading...

Ia pun memuji komunitas bebersih sampah di Pantai Timur, yang selalu eksis hingga sekarang. ”Gerakan ini yang harus dilakukan terus menerus, desa juga bertugas untuk mendorong hal itu,” terangnya.

Penggerak Kopling Pangandaran Ocid mengatakan aksi bebersih sungai akan dilakukan kontinyu. ”Sudah ada komitmen dari desa menjadwalkan kegiatan ini,” tuturnya.

Ia pun berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah terlibat dalam kegiatan menjaga kelestarian sungai di Pangandaran. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.