Bupati Tasik Divaksin yang Pertama

40
0
dr Heru Suharto MMKes Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya
Loading...

SINGAPARNA – Peluncuran vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tinewati, Singaparna hari ini akan diawali penyuntikan kepada Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, pejabat di ASN dan DPRD sebelum dilakukan serentak untuk tenaga kesehatan se-Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes menjelaskan, vaksinasi dilakukan pertama untuk kepala daerah.

Seperti di pemerintah pusat yang pertamanya adalah Presiden Joko Widodo, termasuk di Jawa Barat pun pertama oleh Gubernur Ridwan Kamil. “Jadi di Kabupaten Tasikmalya pun akan diawali oleh Pak Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan jajeran pejabat,” ujarnya kepada Radar, Minggu (31/1/2021).

Baca juga : Pencuri di Mangkubumi Kota Tasik yang Kepergok Warga Meninggal Dunia

”Insyaallah rencananya bupati bersama sekda, pejabat dan anggota dewan hadir dalam launching sekaligus dimulainya pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Tasikmalaya. Setelah itu puskesmas-puskesmas mulai melaksanakan vaksin untuk tenaga kesehatan,” ujar Heru kepada Radar, kemarin.

loading...

Lanjut dia, 6.200 vaksin Covid-19 yanh sudah sampai di Kabupaten Tasikmalaya prioritas untuk tenaga kesehatan dan sebagian disiapkan bagi kepala daerah, pejabat dan anggota dewan. “Jadi vaksinasi ini bertahap dilaksanakan selama 15 bulan ke depan. Tahap pertama kita mendapatkan 6.200 vaksin yang akan diberikan kepada lebih 3.000 tenaga kesehatan di puskesmas dan rumah sakit,” ucapnya, menjelaskan.

Jelas Heru, setelah penyuntikan vaksin tahap pertama selesai, selang beberapa hari orang-orang yang sudah divaksin akan kembali disuntik untuk kedua kalinya. Sedangkan yang mempunyai penyakit penyerta, usia di atas 60 tahun dan yang sudah pernah terpapar positif Covid-19 tidak diperbolehkan disuntik vaksin.

“Insyaallah setelah 6.200 vaksin ini dipakai, nanti kita akan mendapatkan lagi distribusi vaksin dari Jawa Barat,” katanya.

Kepala UPT Puskesmas Tinewati, Singaparna Dais Nuronia mengatakan, launching vaksinasi di Puskesmas Tinewati karena sudah terakreditasi paripurna.

“Alhamdulillah dengan semua kelengkapan fasilitas medis serta SDM dokter, perawat termasuk bidan, Puskesmas Tinewati siap melaksanakan vaksinasi pertama di Kabupaten Tasikmalaya,” katanya, menerangkan. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.