Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.5%

7.4%

70%

Bupati Tasik Hibahkan APD ke DMI

98
0
BERIKAN BANTUAN. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memberikan bantuan kepada DMI Kabupaten Tasikmalaya di Pendopo Baru Singaparna, Rabu (13/5). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memberikan bantuan hibah berupa alat pelindung diri (APD), masker, hand sanitizer dan cairan disinfektan melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tasikmalaya.

Bantuan tersebut rencananya akan disalurkan oleh DMI dan diperuntukkan bagi para tokoh agama, kalangan DKM dan masyarakat di setiap kecamatan dan desa yang terdampak wabah Covid-19.

Baca juga : Service Laptop Cepat & Berkualitas di Rajapolah Kabupaten Tasik

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, tujuan memilih DMI sebagai penyalur bantuan sembako pertama karena DMI melalui DKM-nya dan para tokoh agamanya bersentuhan langsung dengan masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Kemudian, kata dia, dalam menyikapi dampak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga dampak sosial ekonomi muncul dan dirasakan masyarakat dengan berupa bantuan untuk kegiatan gebyar DMI Kabupaten Tasikmalaya 2020.

Lalu, doa bersama penanganan Covid-19, penyaluran hibah untuk 39 dewan kemakmuran masjid besar se-Kabupaten Tasik, penyaluran dana operasional 39 pimpinan cabang DMI se-Kabupaten Tasikmalaya dan seminar ekonomi syariah di situasi pandemi Covid-19.

Kata dia, bantuan yang diberikan totalnya untuk 39 Dewan Kemakmuran Masjid Besar (DKMB) Rp 10 juta dan 39 PC DMI se-Kabupaten Tasikmalaya Rp 15 juta.

Pemerintah daerah meminta bantuan para kiai dan ajengan melalui DMI yang dekat dan diikuti masyarakat, termasuk para kiai lain juga dari BKPRMI Forum Pondok Pesantren (FPP).

“Menyampaikan situasi komunikasi edukasi soal penanganan Covid-19 ke masyarakat agar lebih tenang, PSBB bukan hanya filtering di jalan semata-mata tetapi langsung memberikan bantuan ke masyarakat. Dengan membuat sadar perilaku masyarakat lebih peduli kesehatan dan lingkungannya,” kata dia, kepada wartawan di Pendopo Baru, kemarin.

Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya KH Dede Saeful Anwar mengatakan, upaya dalam PSBB ini, selain melaksanakan pengawasan di jalan, juga harus langsung memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat.

“Kami menyambut baik bantuan dari pemerintah daerah di tengah wabah Covid-19 peduli terhadap masjid dan DKM,” ujar dia.

Baca juga : KPM di Kabupaten Tasik, Saldo Rekening 33 Ribu Penerima BPNT Kosong

Bantuan melalui DMI dari pemerintah juga, kata dia, bukan semata-mata diberikan masker, termasuk disinfektan saja, tetapi bantuan yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Di kabupaten ada 3.945 masjid besar dan jami 1.051, termasuk PC DMI di 39 kecamatan. Di setiap PC kita ada petugas struktur kecamatan dan desa sampai sub ranting untuk penanganan Covid-19,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.