Buruh Datangi Dinas Ketenagakerjaan

67

BANJAR – Perwakilan Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar (SPSBB) mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar dan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah V Tasikmalaya.

Mereka menyerahkan berkas surat tuntutan terkait hak-hak pekerja buruh kepada dua perusahaan di Kota Banjar.

“Hal tersebut dimaksudkan agar pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar serta pihak pengawasan ketenagakerjaan segera melakukan pemeriksaan kepada perusahaan atas beberapa pelanggaran hak buruh yang tidak dipenuhi. Kami menuntut supaya ada penegakan hak normatif bagi pekerja atau buruh,” kata Ketua SPSBB Kota Banjar Iwan Herwanto Senin (22/7).

Dalam tuntutannya buruh meminta status hubungan kerja dengan perusahaan diperjelas, kemudian diberikan cuti hamil dan melahirkan bagi kaum perempuan, adanya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, memberikan peralatan perlindungan diri bagi buruh yang bekerja, jaminan sosial kesehatan, upah pekerja yang layak serta uang makan yang manusiawi.

“Dari keseluruhan tuntutan tersebut, beberapa poin sudah pernah diajukan melalui Serikat Pekerja Albasi Priangan Lestari (SBAPL) pada tahun 2017 lalu, namun hingga saat ini belum sepenuhnya teralisasi,” kata Iwan.

Mereka berharap seluruh hak buruh terpenuhi. Mereka meminta pemerintah kota cepat tanggap dengan permasalahan yang selama ini ini belum menemui titik terang dan solusi.

“Kami berharap dengan disampaikannya beberapa tuntutan ini agar dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak, baik pihak pemerintah dan pihak pengawasan agar dapat bertindak tegas kepada perusahaan yang tidak taat terhadap aturan ketenagakerjaan,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.