Buruh PT Albasi Priangan Lestari Kota Banjar Melakukan Aksi Statis

743
0
UNJUK RASA. Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar (SPSBB) menuntut hak mereka dalam aksi yang dilakukan di kawasan perusahaan Jumat (17/5). (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Buruh PT Albasi Priangan Lestari Kota Banjar melakukan aksi statis di lingkungan pabrik Jumat (17/5).

Aksi tersebut untuk mengenang momen bersejarah buruh Albasi Priangan Lestari dalam memperjuangkan hak, sekaligus menunutut pihak perusahaan untuk memenuhi hak-hak karyawan.

Ketua Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar PT Albasi Priangan Lestari Iwan Herwanto mengatakan ada beberapa rentetan aksi yang pernah terjadi.

Di antaranya aksi bipartit I pada 27 Maret 2017, aksi bipartit II pada 30 Maret 2017, mayday, aksi dua belas mei (ADM) dan aksi tujuh belas mei (ATM).

“Rentetan aksi-aksi tersebut berawal pada kejadian 1.700 buruh diliburkan atau dirumahkan tanpa kepastian berikut tuntutan terkait status kerja & hak upah cuti hamil melahirkan bagi buruh perempuan,” kata Iwan Jumat (17/5).

Iwan menjelaskan aksi yang sengaja Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar (SPSBB) itu untuk menyuarakan aspirasi dan tuntutan buruh, sekaligus mengingatkan kaum buruh khususnya buruh Albasi Priangan Lestari untuk lebih semangat memperjuangkan hak demi terciptanya upah layak, kerja layak, hidup layak dan kesejahteraan bagi buruh dan keluarga.

“Beberapa pencapaian yang sudah kita raih sampai saat ini terutama tentang hak upah cuti hamil dan hak-hak lainnya jelas-jelas didapat atas perjuangan kita sendiri kaum buruh. Namun masih banyak lagi hak kita yang belum dipenuhi perusahaan salah satunya tentang besaran uang makan yang jauh dari layak,” tegas Iwan. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.