Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.1%

3.5%

23.6%

2.3%

45%

0.1%

16.7%

0%

PMII Ciamis: Butuh Perluasan Lapangan Kerja

162
0
IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA REFLEKSI. Aktivis PC PMII Kabupaten Ciamis berfoto bersama usai menggelar refleksi Sumpah Pemuda di sekitar Alun-Alun Ciamis Minggu sore (29/10).

CIAMIS – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar refleksi sumpah pemuda di Alun-Alun Ciamis Minggu sore (29/10) pukul 15.00. Kegiatan bertemakan peran pemuda di era milenial menghadapi bonus demografi itu menampilkan aksi teatrikal, pembacaan puisi dan orasi.
Ketua PMII Kabupaten Ciamis Miftah Farid mengatakan pada tahun 2025-2035 Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif akan lebih banyak dari nonproduktif.
“Ini merupakan satu keuntungan di satu sisi, namun bisa juga merupakan suatu ancaman serius di sisi lain ketika tidak bisa dipersiapkan strateginya pada usia produktif sejak dini,” papar Miftah kepada wartawan kemarin.
Dia meminta pemerintah menyiapkan langkah terbaik untuk menghadapi bonus demografi tersebut. Termasuk Pemkab Ciamis. Salah satu solusinya bisa dengan menyiapkan peningkatan pendidikan dan pemberdayaan pemuda.
“Menurut data survei yang saya ketahui, bahwa yang paling dibutuhkan di Ciamis adalah perluasan lapangan kerja. Jelas itu masalah serius karena tingkat pengangguran tertinggi ada pada usia muda,” ucapnya.
Yang tidak kalah penting, lanjutnya, agar tingkat pengangguran usia muda tidak terlalu tinggi, pemerintah harus menyiapkan program untuk meningkatkan kemandirian ekonomi pemuda. Sebab, jumlah pengangguran lulusan sarjana saat ini cukup banyak. “Di sini ada peran pemerintah Ciamis juga dalam membuka lapangan pekerjaan. Agar mereka tidak harus pergi ke daerah di luar Ciamis,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.