Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Cafe di Kota Tasik Taati Jam Operasional, Ini 8 Minimarket yang Buka 24 Jam

1088
0
Kasi Dalops Satpol PP Kota Tasik, Sandi Apriyadi bersama Tim Gugus Tugas melakukan operasi jam malam tempat usaha, Selasa (08/09) malam. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya terus melakukan patroli jam operasional usaha.

Seperti Selasa (08/09) malam, 10 cafe dan tempat usaha lainnya sempat didatangi gabungan petugas tersebut.

Hasilnya, para pengusaha cafe mulai menaati jam tutup operasional usahanya.

Ketika petugas mendatangi mereka pukul 22.30 WIB, rata-rata cafe tersebut sudah tutup dan ada yang sudah close order.

Jumlah pengunjung cafe yang ditindak karena tak memakai masker pun menurun.

Semalam, Tim Gugus Tugas hanya menindak 6 orang yang disanksi sosial. Rata-rata pengunjung cafe mulai taat protokol kesehatan.

Meski demikian, para pengusaha dan pengunjung cafe sempat mengeluh karena Tim Gugus Tugas dinilai berat sebelah. Karena tak menindak minimarket yang tetap buka 24 jam.

Usut punya usut, ternyata memang benar ada 8 minimarket yang tetap buka 24 jam di saat pandemi Covid-19 di Kota Tasik turun ke zona oranye ini.

Hal tersebut menimbulkan kecemburuan dari beebagai pihak pengusaha, salahsatunya dari pengelola cafe.

“Ya kami taat aturan pemerintah yang mengharuskan tutup jam 22.30 WIB. Tapi kenapa masih ada minimarket yang buka hingga 24 jam full dibiarkan saja,” keluh salah seorang pengelola cafe yang enggan ditulis namanya kepada radartasikmalaya.com, Rabu (09/09) siang.

Ternyata memang benar ada 8 minimarket di Kota Tasik yang tetap buka 24 jam.

Hal itu seperti diungkapkan Kabid Tantribumas Satpol PP, Yogi Subarkah. “Iya memang benar ada minimarket yang buka 24 jam. Karena dapet izin dari Disperindag. Tapi kami tetap memantau minimarket tersebut. Kalau pengunjungnya melanggar protokol kesehatan ya kami tindak,” tuturnya.

Yogi yang ditemui di ruang kerjanya didampingi Kasi Dalops Satpol PP, Sandi Asugih, memgungkapkan ada 8 minimarket yang tetap buka 24 jam, tapi tetap diawasi ketat protokol kesehatannya adalah:

– Alfamart di Jalan IR H Djuanda, Bungursari
– Indomart di Panglayungan, Cipedes
– Indomart di Tanjungsari, Purbaratu.
– Indomart di Sirnagalih, Indihiang.
– Indomart di HZ Mustofa, Cihideung.
– Indomart di Sambongjaya, Mangkubumi.
– Indomart di Kersamenak, Kawalu.
– Indomart di Kahuripan, Tawang.

“Minimarket tersebut memperlihatkan surat rekomendasi izin operasinya yang ditantadangi Disperindag. Ada yang sudah mendapatkan izin operasional 24 jam itu dari 25 Agustus lalu,” tutur Sandi.

Jelas dia, surat izin itu berisikan tentang permohonan izin operasional dan disetujui pihak Disperindag.

Tapi tetap akan diawasi ketat Tim Gugus Tugas dalam setiap patroli seperti halnya dengan cafe.

“Kalau cafe sudah normatif sudah pada taat tutup jam 22.30 WIB.Pengunjungnya sudah pada taat. Ada 6 orang yang tak pakai masker dihukum sanksi sosial. kurang lebih 10 cafe yang kami datangi sudah taat semua,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah soal ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Tasik, HM Firmansyah membenarkan bahwa pihaknya memberikan izin kepada pihak minimarket soal jam operasional itu.

Pasalnya, kata dia, secara aturan dari pihak kementerian dan di Perwalkot hal tersebut tak masalah asalkan tetap mentaati semua protokol kesehatan yang diberlakukan Pemkot Tasik.

“Jadi ya tak perlu sisirikan. Karena tak masalah. Kalau kafe kan potensi orang berkumpulnya tinggi. Jadi memang untuk minimarket kami izinkan tetap buka 24 jam sesuai dengan sebelum saat pandemi,” jelasnya yang dihubungi melalui ponselnya.

Sementara itu untuk pelanggar protokol kesehatan hingga Selasa (09/09) siang terjadj 1541 pelanggaran tak pakai masker yang memilih sanksi sosial, peringatan tertulis 36 kasus, denda 29 kasus dan tempat usaha ditutup sementara 8 kasus.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.