Tim Saber Pungli Jabar Periksa Dua Pegawai

Calo Dokumen Kependudukan Diamankan

3
PERIKSA. Salah satu penyidik Tim Saber Pungli Jawa Barat (kanan) memeriksa seorang calo di Disdukcapil Garut yang diamankan, kemarin. 

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat mengamankan seorang calo dan dua pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, Rabu sore (12/9).

Ketiganya,  diamankan karena diduga telah melakukan pungutan liar dalam pembuatan dokumen kependudukan. Kini ketiga terduga tersebut masih menjalani pemeriksaan di Polres Garut.

“Betul ada yang diamankan tiga orang di Disdukcapil Garut oleh Tim Saber Provinsi Jabar dan sedang didalami lagi, “ ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat ditemui di kantornya,  kemarin.

Menurutnya,  dari informasi yang didapat sementara,  dua orang pegawai Disdukcapil itu statusnya,  satu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS)  dan satu tenaga kerja kontrak (TKK). Kalau satu lagi warga yang diduga sebagai calo.

“Ketiga orang ini diamankan sekitar pukul 16.00.  Ketika kantor akan tutup, “ terangnya.

Budi mengaku belum bisa membeberkan nama-nama dan jabatan pelaku, termasuk penyebab ketiganya diamankan.

“Ini kan masih diperiksa. Jadi belum tahu juga karena apa diamankannya,  karena ini yang mengamankan provinsi,” katanya.

Terkait proses hukum selanjutnya,  Budi belum bisa menerangkan  apakah akan dilimpahkan ke Polres Garut atau dibawa ke provinsi.

“Semuanya tergantung dari hasil pemeriksaan nanti,” tuturnya.

Kepala Bidang Data dan Informasi dan Publikasi Saber Pungli Provinsi Jawa Barat M Yudi Ahadiat menerangkan pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut, sehingga belum bisa menerangkan lebih spesifik terkait hasil kegiatan di Kabupaten Garut.

“Masih didalami apakah itu kategorinya masuk pemerasan atau suap. Jadi belum bisa menerangkan,” ungkapnya.

Untuk kegiatan Saber Pungli di Garut sendiri, kata dia, dilakukan berdasarkan laporan yang masuk dari masyarakat.

“Barang bukti sendiri masih kita dalami, pasti ada uang, tapi saya belum bisa menjelaskan lebih jauh karena tim masih bekerja melakukan pendalaman,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah,  Kepala Disdukcapil Kabupaten Garut, Rina Siti Syababiah membantah ada pegawainya yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Jawa Barat.

Rina menerangkan para pegawainya dibawa oleh Tim Saber Pungli untuk dimintai keterangan terkait adanya kasus pungli yang dilakukan para calo.

“Bukan OTT, tetapi Tim Saber Polda Jabar memanggil pegawai Disdukcapil untuk dimintai keterangan saja,” tegasnya.

Adanya pemanggilan itu,  kata dia,  karena Tim Saber Pungli Polda Jabar, sebelumnya sudah melakukan penangkapan terhadap para calo yang kerap beroperasi di Disdukcapil Kabupaten Garut.

“Pemanggilan hanya untuk mengklarifikasi dan mengkonfortir pernyataan yang diucapkan para calo dengan pegawai,” pungkasnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.