Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.5%

19.8%

7.7%

69%

Calon Direksi Harus Mampu Perbaiki Kinerja PDAM Tasik

129
0

SINGAPARNA – Calon Direksi PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya sudah mengerucut lima nama dan akan diambil tiga terbaik untuk mengisi pejabat di BUMD tersebut. Ketiga nama itu akan ditentukan oleh Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya menilai kelima nama calon direksi PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya hasil rekomendasi panitia seleksi (pansel) sangat layak dan memenuhi persyaratan. Karena BUMD ini harus dipimpin oleh orang-orang yang profesional dan berpengalaman dalam bidang pengelolaan air.

Baca juga : Tak Pakai Masker, 10 Warga Kota Tasik Didenda Rp50 Ribu

“Lima nama seperti Anton Rahman Suryana, Darwin Baas, Didin Sahidi, Enjang Hasanudin dan Muhammad Ali Imran ini lolos kepada tahapan selanjutnya karena layak dan mempunyai kemampuan,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hidayat Muslim SE kepada Radar, Selasa (25/8).

Kelimanya, terang dia, mempunyai pengalaman dan pernah mengelola bidang air minum di PDAM. Seperti Enjang mantan dirut PDAM, Darwin kepala Unit Cabang PDAM Manonjaya.

Anton mantan dirut PDAM Sukabumi termasuk Ali dan Didin mantan direksi PDAM periode yang habis tahun ini. “Semuanya sudah berpengalaman,” kata Hidayat.

Pada intinya, lanjut dia, Komisi II meminta PDAM dipimpin orang yang profesional, akuntabel dan visioner mempunyai rencana kerja ke depan yang jelas demi kemajuan PDAM.

“Jadi orang yang terpilih nanti tidak ada istilah like in this like atau suka tidak suka. Bahkan jangan ada kepentingan politik dan lainnya, melainkan harus objektif dan terbuka,” papar dia.

Kemudian, Komisi II juga meminta dalam proses pemilihan direksi PDAM ada keterbukaan.

“Sehingga ketika secara terbuka dan proporsional, kita normatif melihatnya bahwa ini untuk kemajuan perusahaan PDAM. Kami ingin yang terbaik demi kemajuan perusahaan daerah dan PAD,” kata dia.

Maka dalam mengelola perusahaan daerah ini, tambah dia, harus oleh tangan-tangan yang terampil, mempunyai pemikiran yang cerdas, visi dan misi ke depan. Dari kelima nama sebagian besar orang asli daerah yang sudah berpengalaman di bidang air minum dan satu orang dari Sukabumi.

“Kami tidak menafikan bahwa dari kelima orang tersebut ada putra Tasikmalaya yang sudah berpengalaman. Kita juga tidak menafikan kalau ada calon dari luar daerah yang mendaftar,” ungkap dia.

“Yang penting PDAM ini bisa menghasilkan produk layanan terbaik sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Termasuk PAD bagi pemerintah daerah. Kemudian loyal terhadap perusahaan,” tambah dia.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hakim Zaman SE menambahkan, pada intinya para calon pimpinan direksi PDAM ini masing-masing harus mempunyai rencana kerja dan target yang jelas.

Baca juga : September, Semua Sekolah di Kota Tasik Batal KBM Tatap Muka

“Jangan sampai orang yang tidak mempunyai rencana kerja dipilih. Harus ada kontrak kerja bisa meningkatkan PAD, pelayanan terhadap masyarakat, memperbaiki masalah kebocoran pipa dan tunggakan konsumen, menjadi pekerjaan bagi para calon direksi PDAM ini,” kata dia.

Pada akhirnya, kata dia, apapun kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah kaitan pemilihan jajaran direksi PDAM ini harus sesuai dengan hasil uji kompetensi yang dilalui para calon, jangan sampai ada urusan politis. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.