Calon Guru Wajib Kuasai Pramuka

215
0
Istimewa PELATIHAN. Mahasiswa IAILM Suryalaya mengikuti Kursus Pembina Pramuka KMD di kampus IAILM Jumat (28/6).

TASIK – Calon guru dari Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya tak hanya terampil mengajar di kelas, tapi juga bisa menjadi pembina pramuka.

Sebab, selama di kampus mahasiswa IAILM Suryalaya dibekali dengan wawasan kepramukaan, salah satunya melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

KMD tahun ini diikuti 83 mahasiswa dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada 24-30 Juni 2019.

Wakil Rektor III IAILM Suryalaya Dr H Suhrowardi MAg menyatakan, Kursus Pembina Pramuka KMD merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa di IAILM Suryalaya. “Tujuannya menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswa,” katanya kepada Radar, Jumat (28/6). Selain itu, sambungnya, KMD ini sebagai syarat mengikuti ujian komprehensif.

Sementara Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya Engkos Koswara menyatakan, pengetahuan kepramukaan itu wajib dimiliki oleh guru, sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter.

“Pramuka ini bagian dari pendidikan karakter,” katanya. Bahkan nantinya calon guru ini harus mampu menjadi pembina pramuka di sekolah tempatnya mengajar. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.