Calon Kades Bisa dari Luar Wilayah

345
0
Illustrasi

SINGAPARNA – Calon kepala desa (calkades) yang akan maju pada Pilkades 2019 serentak tidak dibatasi oleh domisili. Artinya, semua warga negara Indonesia (WNI) dari daerah mana pun bisa mencalonkan di daerah mana saja.

“Warga yang bukan merupakan masyarakat desa setempat diperbolehkan untuk ikut mendaftar menjadi calon kepala desa,” ujar Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir kepada Radar, Minggu (19/5).

Lanjut dia, aturan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 Tahun 2017 yang mengatur bahwa calon kades tidak harus selalu warga domisili di desa tersebut. “Jadi warga dari luar desa pun bisa mendaftarkan diri asalkan lolos verifikasi administrasi oleh panitia penyelenggara,” paparnya.

Lanjut dia, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calkades. Di antaranya sehat jasmani dan rohani, pendidikannya paling rendah lulusan SMP, tidak sedang menjalani hukuman pidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. “Intinya ada 14 persyaratan yang harus dipenuhi oleh calkades,” pungkasnya.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.