Calon Pemandu Wisata Dibekali Ilmu Kepariwisataan

28
Istimewa COACHING CLINIC. Peserta Coaching Clinic Tour Guide Academy Batch 1 usai mengikuti acara bersama pemateri Arie Asgari S Par MM di Bale Priangan KPw BI Tasikmalaya Rabu (23/1).

TAWANG – Sebanyak 160 peserta mengikuti coaching clinic Tour Guide Academy Batch 1 di Aula Bale Priangan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tasikmalaya Rabu (23/1). Mereka akan dicetak menjadi tour guide, sebagai garis depan promosi kepariwisataan.

Ketua Pelaksana Tour Guide Academy Astri Komara Putri menjelaskan kegiatan itu untuk membekali para calon tour guide di Tasikmalaya. Sengaja disasar kalangan generasi milenial supaya ke depan bisa lebih berinovasi dalam mendorong sektor pariwisata.

“Kita ingin memiliki front liner pariwisata, supaya lebih gencar mempromosikan potensi daerah maka dikhususkan untuk generasi milenial,” ungkapnya kepada wartawan di sela kegiatan, Rabu (23/1).

Dari 160 peserta, kata dia, akan dikerucutkan menjadi sekitar 50 orang. Nantinya mereka diproyeksi tidak hanya berpartisipasi pada kegiatan pariwisata Tasikmalaya saja, melainkan wilayah Priangan Timur.

“Dari sekian peserta ada yang berstatus mahasiswa maupun freelance. Bekerja di perkantoran memiliki waktu fleksibel untuk menjadi tour guide,” jelas Astri.

Dia menambahkan para peserta tidak hanya dibekali bidang kepariwisataan saja. Kemampuan berbahasa asing juga akan menjadi materi, supaya para calon tour guide menguasai bahasa asing.

“Kemudian mereka juga bukan hanya akan dilibatkan dalam operasional Bus Ngulisik (Nguliling di Kota Tasik), tetapi pada kegiatan kepariwisataan lainnya,” tuturnya.

Pemateri coaching clinic, Arie Asgari S.Par MM menjelaskan perlunya mencetak bibit baru sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata. Mengingat, dalam waktu dekat Kota Tasikmalaya akan menerima bantuan dari Provinsi Jawa Barat berupa Bus Ngulisik.

“Ini kesempatan baik untuk pengembangan pariwisata di sini. Meski objek wisata terbatas, bukan kendala. Maka perlu diimbangi SDM pariwisata yang handal,” ujarnya. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.