14.120 Pemilih Belum Rekam Data E-KTP

Calon Pemilih Berkurang 1.070 Orang

132
0
BAHAS DPT. Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim SAg memimpin rapat pleno rekapitulasi DPSHP di Sekretariat KPU Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman Kamis (19/4).
Loading...

CIAMIS – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Ciamis untuk Pilkada serentak 2018 berkurang. Dalam DP4 dari KPU pusat, jumlah pemilih di Ciamis mencapai 937.312. Namun, hasil rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), jumlah DPT yang ditetapkan sekitar 920.858 jiwa.

“DPT yang kita tetapkan berkurang sekitar 1.070 pemilih. DPT ditetapkan berjumlah 920.858. Terdiri dari 458.015 jumlah pemilih laki-laki dan 462.843 jumlah pemilih perempuan, yang tersebar di 27 kecamatan,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis Kikim Tarkim SAg usai rapat pleno di Sekretariat KPU Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman Kamis (19/4).

Menurut dia, dari jumlah tersebut masih ada 14.120 pemilih yang belum melakukan perekaman data E-KTP. Diantaranya adalah pemilih pemula yang saat ini usianya belum genap 17 tahun. Beberapa pemilih pemula baru akan genap berusia 17 tahun pada tanggal 20 Juni 2018. Sedangkan pemilihan akan berlangsung tanggal 27 Juni 2018. Meski begitu, nama mereka telah masuk database pemilih tetap.

“Para pemilih pemula ini nantinya saat tiba waktu Pilkada, akan diberi surat keterangan dari Disdukcapil. Berdasarkan ketentuan, saat datang ke tempat pemungutan suara harus membawa surat undangan pemberitahuan berupa KTP elektronik, atau surat keterangan dari Disdukcapil,” paparnya.

Selain banyak yang belum punya E-KTP, kata dia, hasil pleno juga menunjukkan ada lima pemilih yang tidak memenuhi syarat. Diantaranya tiga orang telah meninggal dunia dan dua orang dinyatakan belum cukup umur, serta belum menikah.

Loading...

Pengecekan data pemilih, lanjut Kikim, belum selesa. Sebab, nanti akan ada daftar pemilih tambahan dari anggota TNI/Polri yang pensiun.

“Sejak kami menetapkan DPT, akan ada pemilih baru. Namun bukan pemilih pemula, melainkan TNI/Polri yang telah pensiun. Ataupun yang pindahan namun prosedural,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.