Membaca di Rumah Pohon, Ini Tujuannya..

44
0
ILUSTRASI

TASIK – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan budaya membaca di masyarakat. Salah satunya mendirikan rumah pohon literasi di tempat-tempat wisata. Hal itu diungkapkan Pegiat literasi Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Bastian kepada Radar, Minggu (7/7).

“Saya bersama pegiat literasi lainnya mencoba meningkatkan gairah membaca di kalangan anak muda. Salah satunya dengan rumah pohon literasi,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, konsep edukasi ini akan coba diterapkan dengan membangun rumah pohon literasi di objek wisata. Sehingga wisata itu pun bisa lebih bermanfaat dengan hadirnya pohon literasi ini.

“Jadi nantinya setiap pengunjung dapat membaca buku tentang sejarah objek wisata tersebut atau Kabupaten Tasikmalaya sambil menikmati keindahan objek wisata tersebut,” katanya, menjelaskan.

Selain itu, kata dia, untuk menarik kaum milenial gemar membaca dan memperluas wawasan banyak yang menyediakan juga perpustakaan keliling, kotak literasi cerdas dan yang lainnya. Maka dari itu, konsep rumah pohon literasi bisa dicoba untuk dibuatkan di beberapa tempat wisata yang cukup nyaman.

“Ide membangun rumah pohon literasi ini bisa memanfaatkan beberapa buku yang tidak begitu termanfaatkan untuk dibaca sambil berwisata,” ungkapnya.

Kata dia, tingkat masyarakat berkunjung ke objek wisata selalu meningkat. Maka dari itu, dirinya berusaha menggabungkan antara wisata dan literasi. Dengan harapan masyarakat yang berwisata bisa juga membaca dan dampaknya budaya baca di Kabupaten Tasikmalaya terus meningkat.(obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.