Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Cara Kecamatan Garut Kota Atasi Persoalan Banjir

166
0
BERSIHKAN SALURAN AIR. Warga Kampung Burungbao Kelurahan Muara Sanding membersihkan saluran drainase bersama anggota Forkopim Garut Kota Minggu (22/4).

PULUHAN warga dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Garut Kota bergotong royong membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat saluran drainase.

Aksi itu digelar di Kampung Burungbao Kelurahan Muara Sanding Kecamatan Garut Kota. Tujuannya untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di wilayah itu.

“Kita gotong royong untuk bersihkan sampah yang menyumbat saluran drainase. Alhamdulillah, masyarakat di wilayah ini cukup antusias ikut serta. Sehingga, permasalahan sampah yang menyumbat dapat ditangani, meskipun belum maksimal,” ujar Camat Garut Kota Bambang Hafidz saat ditemui di lokasi Minggu siang (22/4).

Dengan bergotong royong, kata dia, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air kembali tumbuh. Meski hasil kegiatan itu belum maksimal, minimal masyarakat kembali menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Kalau masyarakat sudah sadar akan kebersihan, sampah tidak akan lagi menutupi drainase,” katanya.

Menurut Bambang, penanganan sampah yang menutupi drainase di wilayah Garut Kota tidak cukup dengan gotong royong.

Loading...

Butuh tindak lanjut dari dinas terkait untuk menormalisasi saluran. Kewenangannya ada di Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP).

“Selain mengajak masyarakat untuk kerja bakti, kami juga sering komunikasi dengan DLHKP untuk melakukan upaya itu (normalisasi),” katanya.

Selain gotong royong, lanjutnya, budaya membuang sampah pada tempatnya juga dapat menyadarkan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Budaya itu diyakini akan dapat menuntaskan persoalan banjir. Tentunya, semua saluran harus dibersihkan terlebih dahulu dari sumbatan.

“Penanganan sampah tentunya perlu adanya partisipasi masyarakat. Jadi, masyarakat tentunya harus sadar akan lingkungannya sendiri,” tuturnya.

Langkah seperti itu, tambah Bambang, tidak hanya diterapkan di wilayah Muara Sanding. Tapi, di semua wilayah di Garut Kota. Sehingga, bencana banjir ketika turun hujan bisa diminimalisir. “Nantinya akan terus digiatkan gotong royong seperti ini,” tambahnya. (*)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.