Cari Cara Memiskinkan Bandar Narkoba

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Pengungkapan kasus narkoba di daerah sementara ini baru sebatas menangkap pelaku dan barang bukti baik sabu-sabu, ganja atau obat-obatan. Ke depan, perlu ada tindak lanjut penanganan sampai Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Hal itu diungkapkan Kepala BNN Kota Tasikmalaya H Tuteng Budiman beberapa waktu lalu saat mengikuti Bimtek di Bali. BNN di daerah didorong untuk mengungkap TPPU di kalangan pengedar dan bandar narkoba. “Kemarin arahannya harus bisa sampai pencucian uangnya,” ungkap Tuteng saat bertemu di Mapolresta, Selasa (14/8).

Sementara ini, penanganan hanya sebatas tindak pidana peredaran atau penyalahgunaannya saja dengan barang bukti alat komunikasi dan narkoba saja. Beda halnya dengan BNN di pusat yang sudah menerapkan penanganan TPPU. “Kalau di pusat sudah, kalau di daerah baru akan,” katanya.

Dengan TPPU itu, barang hasil penjualan narkoba akan disita dan diserahkan kepada negara. Hal itu akan terungkap dalam pengembangan kasus yang dilakukan oleh penyidik. “Jadi seperti kasus korupsi, kalau uangnya dibelikan mobil atau motor, itu akan kita sita juga,” terangnya.

Untuk penanganannya, sementara BNN daerah akan dibantu oleh tim penanganan TPPU pusat. Menurutnya, proses itu bukan sebuah hal mustahil untuk dilakukan. “Kita diberi arahan seperti itu, berarti kita harus bisa menanganinya,” papar dia.

Upaya tersebut ditujukan guna memiskinkan para pengedar sampai bandar narkoba. Diharapkan, hal ini bisa membuat orang yang mengambil keuntungan dari rusaknya generasi bangsa ini bisa terkikis. “Jadi kalau dia murni kerjaannya mengedarkan narkoba, berarti harta bendanya bisa habis disita,” tegasnya.

Namun demikian, sejak awal Januari 2018, BNN Kota Tasikmalaya belum melakukan pengungkapan satu kasus pun. Diakui H Tuteng, pihaknya terkendala keterbatasan personel sehingga kesulitan untuk mengungkap jaringan narkoba. “Tapi kita tetap berusaha,” tutur dia. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.