Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Cari Pencemar Sungai Ciwulan

54
0

SINGAPARNA – Forum Tasikmalaya Penyelamat Sungai Ciwulan mendatangi DPRD Kabupaten Tasikmalaya untuk meminta wakil rakyat mencari pelaku pencemaran Sungai Ciwulan, Selasa (10/9).

Koordinator Forum Tasikmalaya Penyelamat Sungai Ciwulan Harniwan Obech mengatakan, pihaknya meminta dinas terkait dan DPRD menyelediki penyebab pencemaran sungai. “Kami ingin pemerintah mengeluarkan pernyataan bahwa pencemaran itu disebutkan dari apa, sehingga ke depannya bisa dijadikan perbaikan,” ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya mengharapkan Dinas Lingkungan Hidup menganalisis pencemaran sungai. “Kalau penyebabnya sudah diketahui, mungkin kita bisa bersama-sama menyelesaikan persoalan pencemaran ini,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Utang Rustendi mengatakan, uji kualitas air di Sungai Ciwulan sudah berlangsung sejak 2010-2018. Sedangkan untuk 2019, rencananya akan dilaksanakan bulan ini.

Kata dia, secara rutin pihaknya terus melakukan pengawasan kepada usaha dan kegiatan yang membuang limbah ke Sungai Ciwulan. Hasil pengujian kualitas air Sungai Ciwulan yang terakhir telah melampaui ambang batas yang ditentukan. Itu diakibatkan limbah industri pertanian dan rumah tangga.

“Hasil inventarisasi sumber pencemaran di Sungai Ciwulan menunjukkan selain limbah industri, sepanjang sungai terdapat permukiman dan lahan pertanian yang membuang limbah ke sungai. Berdasarkan penelitian bahwa pencemaran sungai ini sampai 70-80 persen dari limbah domestik,” ujarnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.