CDK Tanam 2.000 Pohon di Puncak Pelita

158
0
KOMPAK. Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Badrujaman SHut MM foto bersama pecinta alam usai penanaman 2.000 pohon di Puncak Pelita Ciawi, Senin (30/12). Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

CIAWI – Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VI menanam 2.000 pohon di wilayah Desa Kertamukti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Launching penanaman bibit pohon dilakukan di Puncak Pelita Ciawi, Senin (30/12).

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Badrujaman SHut MM mengatakan, penanaman pohon ini untuk memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia dan Bulan Menanam Nasional 2019. Diharapkan bisa membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan.

“Hari ini kita menanam 2.000 batang tanaman MPTS (buah-buahan) di Kertamukti dengan penanaman bibit MPTS ini diharapkan dapat dikombinasikan dengan tanaman pertanian lainnya sehingga memberi nilai tambah bagi petani,” katanya.

Dipilihnya Puncak Pelita sebagai lokasi penanaman karena lokasi ini merupakan hulu Das Citanduy dan sebagai daerah penyangga wilayah di bawahnya. “Lokasi Puncak Pelita ini nantinya menjadi kawasan dengan fungsi konservasi,” katanya.

Ia menyebutkan, pada 2019 Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI telah melakukan penanaman 1.187.100 pohon melalui kegiatan rehabilitasi hutan secara vegetatif, pembuatan persemaian, bantuan bibit produktif serta kebun bibit rakyat.

Ia menjelaskan, kawasan hutan di wilayah Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI lebih di titik beratkan untuk fungsi perlindungan dan konservasi. “Kondisi ini sesuai dengan kondisi alam di Tasikmalaya yang memiliki topografi berat dengan curah hujan rata-rata tahunan yang cukup tinggi serta jenis tanah yang peka terhadap erosi,” katanya.

Ia menyebutkan, perlu adanya komitmen yang kuat dari semua pihak dalam pengelolaan hutan serta kawasan lindung agar tidak terjadi degradasi lingkungan. “Saya berpesan agar masyarakat menjaga kelestarian hutan. Hutan lestari, masyarakat sejahtera,” katanya.

Kepala Seksi RHL BPDASHL Cimanuk Citanduy Eman Suherman menyambut gembira kegiatan penanaman po­hon di Puncak Pelita ini. Hal ini bisa membangkitkan motivasi masyarakat untuk melestarikan lingkungan. “Me­nanam pohon ini pahlawan kekinian, sebab 1 pohon bisa untuk bernafas 3 orang. Semakin banyak pohon, semakin banyak manfaatnya untuk kehidupan,” katanya.

Senada, Camat Ciawi Asep Suhendar menyambut antusias penanaman pohon ini. Terlebih dengan meningkatnya kebutuhan air bersih di wilayah Ciawi. “Penanaman pohon ini bisa menyuburkan tanah dan air. Harapannya, penanaman ribuan pohon ini dilakukan di desa-desa lainnya,” katanya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.