Cedera Neymar Diprediksi Bisa Lebih Lama

21
0
Neymar Junior

PARIS – Hingga saat ini, penyerang Paris Saint Germain (PSG) Neymar Junior masih dalam tahap pemulihan dari cedera yang dia alami. Manajemen PSG menyatakan, Neymar harus naik meja operasi untuk penyembuhan cederanya.

Neymar cedera pada tulang metatarsal-nya, saat PSG kontra Strasbourg, Kamis (24/1) pekan lalu. Hasil pemeriksaan menyatakan, Neymar mengalami retak tulang metatarsal kelima di kaki kanannya. Ini tentu kabar yang sangat buruk.

Akibatnya, pemain Timnas Brasil itu terpaksa harus absen setidaknya delapan pekan mendatang. Dengan kondisinya tersebut, eks pemain Barcelona sudah dipastikan absen saat PSG bertemu Manchester United di dua leg Liga Champions pertengahan Februari dan awal Maret mendatang. “Saya rasa itu (Neymar membela PSG melawan MU) akan sangat sulit terjadi,” kata pelatih PSG Thomas Tuchel kepada L’Equipe.

Yang menyedihkan, bagian yang cedera itu adalah yang mengalami keretakan tahun lalu. Saat itu, Neymar dipaksa mengakhiri musim lebih cepat akibat cederanya. Dan cedera itu pula yang menjadi alasan mengapa Neymar tidak tampil maksimal bersama Timnas Brasil di Piala Dunia 2018.

Thomas Tuchel mengaku pesimistis Neymar dapat pulih tepat waktu pada pertandingan melawan Manchester United di ajang Liga Champions nanti.

Tuchel sendiri mengaku belum mengetahui kapan Neymar bisa menjalani comeback di tim utama PSG. Ia menyebut, Neymar saat ini masih menjalani pemeriksaan dan belum jelas kapan hasil pemeriksaan menyeluruh sebelum bisa menentukan tanggal comeback sang pemain.

“Saya tidak mendapatkan konfirmasi mengenai diagnosis cedera baru dari Neymar. Seperti yang saya bilang kemarin, saat ini masih terlalu dini untuk membicarakan tanggal kembalinya,” katanya.

Tuchel sendiri mengonfirmasi bahwa Neymar saat ini sudah menjalani perawatan intensif di tim utama PSG. Namun ia menilai sang pemain bakal sulit tampil di ajang Liga Champions nanti.

“Untuk saat ini kami harus menunggu selama satu minggu pertama untuk mengetahui proses pemulihan cederanya. Kami harus menunggu reaksi dari pengobatan yang sudah ia jalani,” katanya.

Menurut laporan yang beredar, cedera Neymar ini berpotensi membuatnya absen di tim utama PSG hingga pertengahan Maret mendatang.

Dikutip dari My Health, cedera tulang metatarsal biasa terjadi akibat tekanan berulang pada tulang kaki. Fraktur ini biasa terjadi pada para pemain bola karena pekerjaan mereka melibatkan banyak lompatan dan menyeimbangkan dan membalikkan satu kaki.

Untuk pengobatan, paling cepat adalah 6 minggu. Namun cedera itu bisa sembuh hingga beberapa bulan. Akan tetapi, semua tergantung pada seberapa buruk dan di mana fraktur tersebut terjadi. Untuk pengobatan Dokter akan membelat area tersebut agar tetap stabil. Dalam beberapa kasus, pasien bisa saja menjalani operasi.

Selain Neymar, ada beberapa nama tenar di daratan Eropa, yang juga harus diistirahatkan pihak klub, guna mendukung proses penyembuhan, beberapa di antara mereka mungkin sedikit lebih beruntung dibandingkan pemain bernomor punggung 10 itu.

Di Serie A Italia, ada penyerang Juventus yang juga rekan Cristiano Ronaldo di lini depan Juve, Mario Mandzukic, mengalami cedera paha sejak 10 januari 2019. Penyerang asal Kroasia itu diperkirakan pulih sekitar akhir Februari 2019

Di Spanyol ada penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, yang mengalami cedera pada jari kakinya, sejak 3 Desember 2018. Striker Spanyol kelahiran Brasil itu, diperkirakan akan tampil kembali bersama Los Rojiblancos di pertengahan Februari mendatang.

Di Negeri Matador, juga ada pemain depan Barcelona Ousmane Dembele, yang mengalami cedera pergelangan kaki. Itu dia alami pada 21 Januari lalu. Pemain yang kerap membayang-bayangi kehadiran Coutinho di Camp Nou itu, diperkirakan kembali berlaga pada awal Februari mendatang.

Di Liga Premier Inggris, ada Danny Welbeck yang harus absen sepanjang musim 2018-2019 ini. Pesepak bola Inggris itu mengalami cedera di pergelangan kakinya, sejak November 2018.

Marouane Fellaini yang berposisi sebagai gelandang di Manchester United, juga harus beristirahat hingga pertengahan bulan depan, akibat cedera di bagian betis, yang ia alami pada pertengahan Januari 2019 lalu.

Masih di tanah Inggris, Harry Kane, mesin gol Tottenham Hotspur, yang juga peraih sepatu emas Liga Premier dua kali, kali berturut-turut, harus absen hingga awal bulan Maret 2019 mendatang.

Cedera pergelangan kaki yang di alami sang pemain, memaksanya untuk absen sebanyak 11 pertandingan, sebelum dapat kembali berlaga bersama The Lilywhites. (ruf/fin/wsa)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.