Cegah Banjir, Alur Jaringan Air Dikaji

109
0
NORMALISASI. Irigasi Cikalang terus dikeruk alat berat, Jumat (29/3).
Loading...

CIHIDEUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya melaksanakan rapat kajian alur jaringan air untuk menanggulangi banjir di pusat kota di Bale Wiwitan Kecamatan Tawang, Jumat (29/3). Menormalisasi irigasi Cikalang juga menjadi fokus pembahasan pada rapat itu.

Kepala Seksi Pembangunan Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi (BMPPE) Sandi Lesmana menyebutkan, pengerukan di titik pintu irigasi Cikalang sudah sedalam 80 cm.

Pengerukan sedimentasi dilanjutkan sejauh satu kilometer dan sedalam 30 cm dari irigasi Cikalang hingga Cinunut.

“Agar tidak terjadi penumpukan air saat hujan deras di pintu air irigasi tersebut sudah ada petugas penjaga pintu,” ujar dia.

Seraya menunggu selesainya normalisasi, pihaknya akan mencari solusi efektif untuk mengurangi genangan air yang kerap kali terjadi di Jalan HZ Mustofa, BKR dan Taman Harapan saat hujan deras.

Loading...

“Ini sedang mengkaji alur jaringan bagaimana konsep air menuju kawasan tersebut bisa dialihkan ke wilayah lain,” kata dia.

Saluran air itu harus terintegrasi agar genangan air tidak masuk ke area perkotaan. Adapun rencana besarnya akan dibuat sodetan ke arah Cimulu dan Cicantel.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya Danil Manap menjelaskan, pengerukan sedimentasi irigasi Cikalang masih berlanjut. Pihaknya juga tengah menyiapkan rekayasa drainase agar lebih efektif dalam menyalurkan air. “Lagi tahap penelusuran,” kata dia.

Operator alat berat backhoe PSDA Ade Suryana menyebutkan, pengerukan sedimentasi irigasi Cikalang sudah berlangsung dua hari. Pengerukan akan bertahap dari irigasi Cikalang hingga Cinunut. “Sedimentasi kebanyakan yang terangkut tanah dan tumpukan plastik,” ujar dia. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.