Cegah HIV/AIDS Mulai dari Keluarga

216
0
Seminar Cegah HIV/AIDS dengan Hindari Seks Bebas dan Narkoba di Islamic Center Selasa (5/12).

GARUT KOTA – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan penderita HIV/AIDS di Kabupaten Garut cukup tinggi. Karena, orang tua perlu mempersiapkan upaya-upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS.
“Pendidikan keluarga tentunya paling utama, makanya kita harus memperkuat benteng pendidikan dimulai dari keluarga kita sendiri,” ujarnya usai menghadiri seminar Cegah HIV/AIDS dengan Hindari Seks Bebas dan Narkoba di Islamic Center Selasa (5/12).
Pengaruh keluarga, tegas dia, itu paling besar. Oleh karena itu, Helmi mengimbau kepada seluruh masyarakat betul-betul memperhatikan lingkungan keluarga.
Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap rusaknya moral. Terlebih saat pendidikan agama tidak tertransfer dengan baik. Kondisi ini semakin diperparah dengan hadirnya teknologi informasi yang semakin canggih.
Oleh sebab itu, tandas dia, peran keluarga dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran HIV/AIDS perlu untuk ditingkatkan. “Peran seluruh anggota keluarga dalam mencegah HIV/AIDS sangat penting karena mereka adalah guru pertama bagi anak-anaknya yang mengajarkan etika dan norma agama,” ungkapnya.
Lanjut dia, orang tua harus peka terhadap masalah yang dihadapi anaknya dan mampu memberikan solusi terbaik. “Apalagi orang tua yang memiliki anak yang sudah berstatus HIV/AIDS, harus selalu memberikan motivasi positif, mengevaluasi kehidupan keluarganya,” tambah dia. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.