Cegah Korupsi Penggunaan Anggaran Desa, Masyarakat Jangan Segan untuk Melapor

80
0

BANJAR – Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana menegaskan akan mengutamakan pencegahan dalam menangani kasus-kasus korupsi penggunaan anggaran desa. Pencegahan dilakukan dengan kontrol atau pengawasan yang ketat dan berlanjut.

“Target kita untuk penanganan kasus tindak pidana korupsi yang bisa saja terjadi di desa-desa dalam pengelolaan anggarannya, kita akan lebih kepada pencegahan. Bukan berarti penindakan tidak kita lakukan,” kata kapolres Minggu (16/6).

Kata Kapolres, jika menguatkan sistem pengawasan perlu kontrol dan pengawasan dari seluruh pihak. Bukan hanya kepolisian. Dengan pengawasan yang dilakukan secara bersama-sama akan terjadi transparansi dalam penggelolaan anggaran desa atau program seperti Program Keluarga Harapan (PKH).

“Dengan begitu semua akan transparan dan dengan mengutamakan pencegahan itu akan meminimalisir tindakan korupsi,” kata Yulian.

Ia menambahkan tak hanya kontrol terhadap penggunaan dana desa atau program sosial yang menggunakan uang rakyat.

Program pemerintah dalam membangun infrastruktur juga perlu kontrol dari seluruh pihak, masyarakat bahkan media massa.

“Contoh dulu waktu saya masih tugas di Polda Jateng ada pembangunan jalan tol, itu kita sama-sama awasi mulai dari bagaimana pembebasan lahannya hingga ke pertanggungjawaban pembangunannya,” katanya.

Dalam pengawasan di lapangan seperti di desa-desa, polisi sudah menggembleng Babinkamtibmas untuk ikut dalam mengawasi pengelolaan anggaran di pemerintah desa. Menurut dia, Babinkamtibmas penting ikut serta mengawasi bersama-sama masyarakat dalam penggunaan anggaran desa.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak segan melaporkan ke polisi jika menemukan kejanggalan dalam penggunaan dana desa atau program-program pemerintah yang terindikasi korupsi.

“Jika masyarakat merasa dana desa itu tidak maksimal atau merasa ada kejanggalan, misal penyelewengan, bisa disampaikan aduannya ke Babinkamtibmas karena peran Babinkamtibmas sendiri menjadi ujung tombak polisi di desa-desa,” katanya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.