Bentuk Desa Bersih Narkoba (Bersinar)

Cegah Narkoba di Sukamantri, Ini yang Dilakukan BNNK Ciamis

13

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan TOT Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Kecamatan Sukamantri Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Lingkungan Masyarakat.

Kegiatan yang bertempat di Aula Kecamatan Sukamantri, Selasa (27/11/18) ini bertujuan untuk Mewujudkan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Pesertanya sebanyak 40 orang perwakilan dari Karang Taruna, MUI, KNPI, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa lingkup Kecamatan Sukamantri.

Dalam sambutannya, Camat Sukantri Drs. M. Entis S. Saputra, selaku Camat Sukamantri berharap bahwa peserta yang hadir menjadi paham akan bahaya narkoba. Serta mampu menyampaikan kembali ke masyarakat di lingkungannya.

“Masalah narkoba ini menjadi kewajiban bersama bukan hanya BNN tapi semua komponen masyarakat untuk menanggulanginya,” ujar Entis.

Narkoba, kata dia, bisa menghilangkan akal, merusak pikiran, bahkan sampai mengakibatkan kematian. Juga bisa dijadikan alat perang untuk menghancurkan bangsa.

Oleh sebab itu, lanjut Entis, perlu adanya kerjasama dengan semua pihak untuk menanggulanginya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa mewujudkan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di lingkungan Kecamatan Sukamantri,” pungkas Entis.

Menurut AKBP Yaya Satyanagara, S.H., selaku Kepala BNNK Ciamis, pembentukan Desa Bersinar ini BNNK Ciamis bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Sukamantri karena letaknya yang merupakan salah satu wilayah perbatasan di Ciamis Utara yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai desa siaga narkoba.

Dari 5 (lima) Desa yang berada di wilayah Kecamatan Sukamantri, 2 (dua) Desa dijadikan pilot project yaitu Desa Sukamantri dan Desa Cibeureum.

“Kami mengajak peran serta Kepala Desa beserta jajarannya untuk ikut serta dalam menanggulangi narkoba. Karena permasalahan narkoba tidak cukup ditangani oleh BNN saja. Sinergitas dengan semua komponen masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah peredaran gelap narkoba yang kian marak terjadi,” paparnya.

Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, kata Yaya, dinilai mampu untuk meredam penyalahgunaan narkoba yang saat ini sudah cukup memprihatinkan banyak kalangan.

Dukungan dari semua pihak merupakan kunci utama dalam penanggulangan narkoba, melalui program desa bersih narkoba diharapkan mampu meminimalisir peredaran gerap narkoba, mempersempit jaringan peredaran gelap narkoba.

“Pencegahan narkoba harus dilakukan secara massive diberbagai lingkungan. Penanganan serius perlu ditingkatkan untuk menyelamatkan bangsa dari kehancuran akibat narkoba,” pungkas Yaya. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.