Cek Kesehatan Paslon, Anggarkan Rp 25 Juta

108
0
Istimewa RAPAT. Anggota KPU mengadakan rapat tahapan pendaftaran paslon.

BANJAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar mengagendakan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon wali kota/wakil wali kota pada 8-15 Januari. Anggaran sebesar Rp 25 juta per pasangan pun disiapkan untuk pembiayaannya.
Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI mengatakan anggaran tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, general check up, psikologis dan tes urine. Dilakukan tim khusus pemeriksaan kesehatan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Himpsi (Himpunan Psikologi Indonesia) dan BNN (Badan Narkotika Nasional). “Mereka (pasangan calon) harus melewati tiga tahapan pemeriksaan kesehatan sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2017 tentang Pemeriksaan Calon Kepala Daerah,” ujarnya di kantor KPU Kota Banjar Jalan Husein Kartasasmita Senin (1/1).
Dia menjelaskan sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan, tim akan melakukan rapat pleno terlebih dulu. Tujuannya, menentukan rumah sakit yang layak sebagai tempat pemeriksaan kesehatan pasangan calon.
Berdasarkan juknis yang dikeluarkan KPU RI, pemeriksaan kesehatan pasangan calon harus dilakukan di rumah sakit pemerintah tipe A. Sedangkan di Kota Banjar tidak terdapat rumah sakit tersebut. “Kalau tidak ada rumah sakit tipe A di tingkat provinsi maka bisa dilakukan di RS tipe B di kabupaten/kota atau provinsi terdekat,” ungkapnya.
Menurut dia, rumah sakit tipe A milik pemerintah di Jawa Barat ada satu yakni RS Hasan Sadikin Bandung.
“Kalau mengacu pada SK tersebut maka semua paslon kepala daerah yang ada di 16 kabupaten/kota harus melakukan pemeriksaan kesehatan di sana. Otomatis anggaran untuk pemeriksaan kesehatan harus direvisi, tidak Rp 25 jutaan,” jelasnya.
Namun, kata dia, saat ini KPU Provinsi Jawa Barat sedang berkomunikasi dengan KPU RI untuk memperpanjang waktu pemeriksaan kesehatan kalau dilakukan di Bandung. “Sampai saat ini masih menunggu keputusan, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit mana,” katanya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.