Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Cek Septic Tank Warga, Turunkan 31 Verifikator

24
0
MENUJU SANITASI AMAN. Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya malaya bersama para verifikator, Satgas ODF dan Pemerintah Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu difoto bersama. Tina Agustina / Radar Tasikmalaya

KAWALU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya menurunkan 31 verifikator dari mahasiswa Universitas Siliwangi dan Poltekes Kemenkes untuk mengecek keberadaan septic tank warga di wilayah Talagasari Kecamatan Kawalu.

Verifikasi ini merupakan rangkaian dari program Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinkes Kota Tasikmalaya, Joko Puji Hartono menyampaikan bahwa verifikasi yang dilakukan bukan untuk mencari kekurangan, akan tetapi untuk memperoleh data riil berapa banyak warga yang sudah ODF dan berapa banyak yang masih BABS.

“Maka dari itu, pesan kami ke tim verifikator adalah sampaikanlah tujuan kita dengan baik, menggunakan tutur kata yang baik, sehingga dapat mengena di hati masyarakat,” kata dia saat membuka kegiatan di Kelurahan Talagasari, Selasa (8/10).

Sementara itu, Lurah Talagasari Arief Budiman SSos menyampaikan, pihaknya sangat mendukung adanya verifikasi yang dilaksanakan. Melalui verifikasi ini, dia berharap tidak hanya mendapatkan data riil saja, akan tetapi juga diharapkan para verifikator sekaligus dapat memberikan penjelasan terkait dengan pentingnya sanitasi atau pun ODF.

“Jadi sambil mendata sampaikan kepada masyarakat kami, pentingnya sanitasi atau ODF ini. Kalau ada yang belum paham, mohon diberikan penjelasan,” kata Arief. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.