Celta Vigo vs Barcelona Bisa Sial di Balaidos

241
0
Luis Suarez

VIGO – Celta Vigo menjelma jadi pembunuh raksasa di Copa del Rey setidaknya dalam dua musim belakangan. Musim 2015-2016, Atletico Madrid disisihkan di perempat final. Musim selanjutnya juga pada fase delapan besar giliran klub sekota Atleti, Real Madrid, yang ditaklukan.
Setelah ‘sukses’ di dua musim menekuk tim-tim langganan tiga besar La Liga, apakah musim ini giliran Barcelona? Kebetulan pada undian 16 besar Copa del Rey musim ini, Celestes bentrok dengan Barca. Dan pertemuan pertama kedua tim akan terjadi dini hari nanti (5/1) di Stadion Balaidos.
Nah, Celta punya banyak faktor buat mengakhiri kisah manis Barca di pertandingan pertama Barca tahun ini. Pertama dalam dua pertemuan di Balaidos, Barca selalu kalah. Dan dalam dua pertemuan itu, gawang Barca selalu jebol masing-masing empat gol.
Kedua adalah faktor entrenador Celta Carlos Unzue. Sebagai bekas ‘orang dalam’ Barca baik sebagai pemain ataupun asisten pelatih, pengetahuan Unzue tak diragukan lagi. Pada pertemuan pertama Unzue lawan Barca musim ini di La Liga, Celta menjadi satu-satunya tim yang mencuri poin di Camp Nou (2/12).
Kepada Sport pelatih kelahiran Pamplona Spanyol itu mengatakan hasil imbang 2-2 di Camp Nou (2/12) memberinya banyak hal positif sebelum jalinan takdir membuat keduanya bersua di 16 besar Copa del Rey ini.
“Tentu saja hasil 2-2 di kandang Barca membuat seluruh anggota tim ini lebih konfiden menyongsong pertemuan selanjutnya (di Copa del Rey). Memori itu yang akan kami pakai untuk memotivasi kami tampil bagus di kandang,” ucap pria berusia 50 tahun tersebut.
Unzue yang bekerja sebagai pelatih kiper di Barca era Frank Rijkaard dan Pep Guardiola itu (2005-2010) kemudian asisten pelatih Luis Enrique (2014-2017) sudah nglothok bagaimana menghadapi Blaugrana.
Unzue sesungguhnya adalah kandidat kuat suksesor Enrique ketika pelatih asal Gijon itu mengumumkan mundur Maret lalu. Namun perselisihannya dengan Neymar, yang mengatakan Neymar akan berakhir seperti Ronaldinho serta tak mendapat ‘restu’ dari ruang ganti membuat petinggi Barca membatalkan penunjukkan Unzue.
Bapak dua anak itu sejatinya menaruh beberapa pondasi yang cukup apik sebelum hengkang. Yakni Barca yang minim kebobolan saat set piece. Serta mengembangkan kemampuan kiper Barca Marc-Andre Ter Stegen yang musim ini demikian kokoh. Ter Stegen baru jebol tujuh gol diantara 19 pekan di La Liga.
Menuju pertemuan dini hari nanti (5/1) hanya gelandang Celta Daniel Wass yang diprediksi absen. Seperti diberitakan Marca kemarin (3/1) pada sesi latihan Selasa (2/1) lalu, pemain timnas Denmark itu bermasalah dengan engkel kanannya.
Namun absennya Wass tak terlalu memusingkan Unzue. Sebab penyerang Celta Iago Aspas dalam kondisi baik. Aspas dalam lima perjumpaan terakhir dengan Barca berhasil mencetak empat gol plus dua assist.
Di sisi lain, entrenador Barca Ernesto Valverde kepada Mundo Deportivo mengatakan apa yang dilakukan Unzue di Celta pada musim pertamanya cukup bagus. Sebagai bekas rekan setim di Barca tiga dekade silam, pelatih yang dijuluki Si Semut itu mengatakan Unzue adalah sosok pekerja keras.
Valverde jelang laga ini kehilangan penyerang Paco Alcacer dan Samuel Umtiti. Khusus Alcacer, penyerang 24 tahun itu sesungguhnya langganan Valverde ketika tampil di Copa del Rey.
Sedangkan Ousmane Dembele yang menepi kurang lebih tiga bulan sudah berlatih bersama tim sejak bulan lalu. Kans Dembele dimainkan dari bangku cadangan cukup terbuka. (dra)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.