Cemas Tanpa Neymar

7

PARIS – Paris Saint Germain (PSG) akan melakoni laga hidup mati kontra Liverpool di Stade de France, dini hari nanti. Tidak boleh imbang apalagi kalah kalau PSG ingin lanjut ke fase knockout Liga Champions 2018/2019.

Saat ini, PSG yang tertahan di posisi ketiga klasemen sementara Grup C mengoleksi poin 5. Mereka terpaut satu angka di belakang Napoli dan Liverpool serta unggul satu poin di atas Red Star Belgrade. Makanya, hanya kemenangan yang bisa membawa mereka lolos ke babak 16 besar.

Kalau sampai kalah dan pada laga lainnya Napoli menang atas Red Star Belgrade di Italia, petualangan klub kaya raya Paris itu berakhir.

Dengan dua rival mengoleksi poin sembilan, PSG paling bagus hanya akan dapat tiket fase knockout Liga Europa sebagai peringkat ketiga.

Hasil imbang kontra Liverpool hampir sama buruknya ketika Napoli yang bermain di kandang sendiri mampu mengamankan kemenangan.

Karena kalah head to head dari anak asuh Carlo Ancelotti, mereka jelas tidak bisa lagi menggusur Napoli yang akan menghadapi Liverpool di laga terakhir.

Masalahnya sekarang, PSG mungkin tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya menghadapi Liverpool. Itu setelah dua superstar mereka Kylian Mbappe dan Neymar mengalami cedera di laga internasional bersama negara masing-masing.

Sumber yang dekat dengan klub, mengatakan, hasil tes menunjukkan Mbappe yang mengalami memar di bahunya cenderung bisa fit tepat waktu.

Sementara Neymar yang cedera pangkal peluang bermainnya dilaporkan 50-50. “Saya pikir Neymar dan Kylian akan tampil tetapi saya tidak yakin,” kata Pelatih PSG, Thomas Tuchel di ESPN.

Laporan sama menyebutkan Neymar dan Mbappe sudah berpartisipasi dalam sesi pelatihan bersama rekan setimnya pada Selasa dan selesai tanpa masalah.

Les Parisiens sendiri masih memiliki satu sesi latihan terakhir yang dijadwalkan Rabu hari ini. Dan sumber ESPN mengindikasikan Neymar dan Mbappe diharapkan ambil bagian di dalamnya.

Kalau siap bermain, itu akan jadi kabar melegakan. Sebaliknya, jika kedua pemain termahal dunia itu absen, akan menjadi kerugian besar.

Bahkan, bukan mustahil tragedi musim lalu terulang kembali. Musim lalu, Neymar juga cedera parah jelang laga vital kontra Real Madrid yang membuat PSG kalah di kandang dan tersingkir di babak 16 besar.

Tuchel sendiri mengakui absennya Neymar dan Mbappe membuatnya cemas. Kehilangan pencetak top skor PSG di Liga Champions dengan masing-masing tiga serta dua gol akan mengubah segalanya melawan Liverpool.

“Namun, itu bukan pertama kalinya kami bermain tanpa mereka,” tegasnya.

Di luar situasi mencemaskan yang mereka hadapi, Tuchel harus berusaha menyusun strategi untuk menang. Karena, kalau sampai gagal juara, pelatih asal Jerman itu kemungkinan besar juga akan dipecat di akhir musim oleh PSG yang dalam beberapa tahun terakhir mengincar gelar Liga Champions.

“Kami sadar bahwa pertemuan melawan Liverpool ini sangat penting bagi kami. Kami harus menemukan keseimbangan yang tepat antara agresivitas untuk menang dan menjaga ketenangan kami. Kami harus memiliki kepercayaan diri pada kemampuan kami dan fokus pada tujuan kami,” tegas Tuchel di Tribal Football.

Tapi, bukan hanya PSG yang berharap-harap cemas. Liverpool yang menang 3-2 di pertemuan pertama juga khawatir dengan kondisi Sadio Mane yang sedang sakit.

Dengan tujuh golnya sejauh ini plus ancaman nyata Mane, terutama pada serangan balik, ketidakhadirannya bisa menjadi kehilangan besar Liverpool.

“Kami tidak tahu bagaimana pelatih akan menyusun starting XI tetapi semua pemain harus siap. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit di Paris dan pertandingan yang bagus untuk menunjukkan betapa bagusnya kami. Kami pergi ke sana untuk mencoba menang, pasti,” tegas Xherdan Shaqiri yang mungkin jadi pengganti Mane di situs klub.

Virgil van Dijk sementara itu mencoba mengirim psywar dengan menyebut timnya sebagai klub terbaik dunia. Saya tidak punya rasa takut. Kami benar-benar siap dan termotivasi.

Kami mencapai final tahun lalu dan ingin melakukan setidaknya hal yang sama tahun ini. Itu tujuan kami. Jadi kami akan mencoba mengalahkan mereka, katanya di Express. (fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.