Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Cep Zamzam Optimis Kumpulkan 130 Ribu Dukungan

23976
0
MENYERAHKAN. Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya menyerahkan berkas tahapan pilkada dan syarat calon perseorangan kepada Cep Zamzam Dzulfikar Nur di Ponpes Nurul Wafa, Gununghideung, Sukarame, Kamis (14/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SUKARAME – Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya berkunjung ke rumah bakal calon perseorangan Cep Zamzam Dzulfikar Nur di Kompleks Pondok Pesantren Nurul Wafa, Gununghideung, Sukarame, Kamis (14/11).

Kedatangan rombongan penyelenggara Pilkada 2020 ini untuk menyampaikan berkas tahapan pilkada dan syarat dukungan minimal bagi calon perseorangan dalam mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Tasikmalaya Fahrudin SAg mengatakan, materi yang disampaikan sebetulnya tidak jauh dengan apa yang diberikan kepada para pengurus partai politik sebelumnya. Namun, bagi calon perseorangan ada sedikit perbedaan, yakni ada berkas tambahan soal syarat dukungan.

Kata Fahrudin, dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.366.465, syarat dukungan yang harus dimiliki calon independen minimal persentasenya 6,5 persen dari jumlah penduduk yang terdaftar di DPT. “Jadi bagi calon independen, jumlah minimal syarat dukungannya adalah 88.820 pendukung. Dalam bentuk KTP-elektronik plus tanda tangan. Nanti dibuat dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan fotokopi KTP-el atau surat keterangan (suket) yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” terang Fahrudin kepada Radar, kemarin.

Fahrudin menambahkan, untuk jumlah minimal dukungan untuk calon perseorangan sebagaimana dimaksud harus tersebar sebanyak 50 persen di 39 wilayah kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya atau sebanyak 20 kecamatan.

Cep Zamzam mengatakan kedatangan KPU lebih kepada memberikan arahan soal tahapan pilkada secara umum. Termasuk syarat dukungan calon perseorangan yang harus dipenuhi tersebar di 20 kecamatan. “Kita apresiasi kedatangan KPU, insyaallah kita sedang proses soal syarat dukungan. Targetnya bukan hanya memenuhi syarat dukungan minimal 6,5 persen saja atau 88.820 ribu. Tetapi, untuk mengantongi dukungan suara terbanyak untuk menang,” kata Zamzam.

Zamzam mengaku bisa mengumpulkan syarat dukungan lebih dari 6,5 persen atau 10 persen dari DPT pemilih di Kabupaten Tasikmalaya. “Kita mempersiapkan basis suara. Mudah-mudahan lebih dari 130 ribu dukungan masyarakat kita dapatkan,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.