Cetak Advokat Profesional, Unigal Gandeng Peradi

264
0
IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA KERJASAMA. Dekan Fakultas Hukum Unigal H Dudung Mulyadi SH MH (dua kiri) dan Ketua DPC Peradi Tasikmalaya Andi Ibnu Hadi SH (kanan) menandatangani kerjasama pendidikan khusus profesi Advokat Senin (27/11).

CIAMIS – Fakultas Hukum Universitas Galuh (Unigal) menjalin kerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Tasikmalaya untuk melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).
Dekan Fakultas Hukum Unigal H Dudung Mulyadi SH MH mengatakan pendidikan advokat sangat penting untuk mencetak advokat yang profesional. Sebab, advokat merupakan bagian dari penegak hukum. “Profesi advokat itu jelas sangat mulia. Makanya harus menghasilkan advokat profesional,” ucapnya usai menandatangani MoU dengan Peradi Tasikmalaya di Aula Fakultas Hukum Unigal kemarin (27/11).
Rencananya, Fakultas Hukum Unigal juga akan menjalin kerjasama dengan penegak hukum lain. Seperti pengadilan tata usaha negara, peradilan militer dan lainnya. Sehingga, mahasiswa akan memiliki bekal yang cukup untuk menjadi advokat profesional.
Ke depannya, lulusan atau karyawan Fakultas Hukum yang punya pengalaman sebagai advokat bisa menjalin kerjasama dengan aparat desa untuk penyusunan peraturan desa (Perdes). Tujuannya untuk menata penggunaan anggaran desa. “Saya kira kalau (anggaran desa) tidak ditata dengan baik, bisa banyak yang terlibat hukum dan jadi tersangka,” tuturnya.
Ketua DPC Peradi Tasikmalaya Andi Ibnu Hadi SH menuturkan pelaksanaan pendidikan khusus profesi advokat merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2013. Seseorang yang ingin menjadi advokat harus menempuh pendidikan khusus setelah ujian. Baru kemudian diangkat. “Untuk ujian di Peradi awalnya pendidikan dulu, setelah itu ikut ujian,” paparnya.
Menurutnya, pelaksanaan pendidikan khusus profesi advokat juga merupakan bagian dari pencegahan munculnya advokat abal-abal. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.