Cetak Anak Saleh, Berprestasi dan Inovatif

379
0
UNGGUL. Kepala SD Al Muttaqin Tasikmalaya (kiri) Dadan Ramdan SPd beserta tim guru dan siswi SD Al Amuttaqin usai mengikuti talk show Bincang Radar di Studio Radar Tasikmalaya TV kemarin (4/10).

TASIK – Sekolah Dasar (SD) Al Muttaqin Full Day School Tasikmalaya di tahun ajaran 2017/2018 fokus membentuk karakter anak didik yang religius (saleh), kreatif, inovatif dan berprestasi.
Kepala SD Al Muttaqin Tasikmalaya Dadan Ramdan SPd mengatakan untuk menghasilkan anak didik yang religius, kreatif, inovatif dan berprestasi, pihaknya menciptakan lingkungan religi, rekreatif dan edukatif.
”Indikator saleh dalam visi ini tercermin dalam akhlak di mana siswa Al Muttaqin harus memiliki akhlak yang mulia. Oleh sebab itu di sekolah ada pembiasan yang merupakan pengamalan kegiatan keagamaan dan akhlak mulia ini bisa anak aplikasikan di mana saja dan kapan saja,” tutur Dadan saat talk show Bincang Radar di Studio Radar TV kemarin (4/10).
Wakasek Kesiswaan Sekolah Dasar (SD) Al Muttaqin Full Day School Tasikmalaya Drs Sirojul Munir mengatakan yang menjadi titik utama pembentukan kesalehan siswa yaitu pembiasaan karakter baik. Itu dimulai sejak anak datang ke sekolah. Guru menyambut mereka dengan salam. Kemudian pembiasaan salat Dzuhur berjamaah. Sebelumnya, anak didik menyimak kuliah tujuh menit (kultum) berisi pembinaan moral, perkemangan remaja saat ini, motivasi dan lainnya.
”Sebelum pulang sekolah anak juga diajak untuk salat Ashar berjamaah. Selain itu setiap harinya dibiasakan salat Duha di setiap kelas yang didampingi oleh guru kelas dan setiap hari Jumat ada solat Duha berjamaah untuk kelas 1-6 di lapangan upacara yang diisi dengan tausiah dan tahsin untuk memantapkan dalam bidang membaca Alquran,” terang Munir.
SD Al Muttaqin juga memiliki program bina siswa puber. Terutama untuk siswa kelas lima dan enam –yang sudah masuk masa puber. Mereka dibekali cara menyikapi masa puber sehingga sampai pada tingkat kedewasaan yang lebih baik.
”Kita juga setiap hari jumat ada keputrian khusus untuk putri yang agendanya membahas terkait perkembangan psikologis kewanitaan. Disamping kami juga melakukan kerjasama dengan puskesmas dan lembaga kesehatan untuk melakukan penyuluhan terkait nafza kepada siswa,” ungkapnya.
Koordinator Pembina Siswa Berprestasi Sekolah Dasar (SD) Al Muttaqin Full Day School Tasikmalaya Dodi Nursyamsi SAg mengatakan untuk program pembinaan siswa berprestasi yaitu sejak awal masuk siswa yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata setiap kelasnya dibina secara khusus. Itu sesuai dengan bidang keunggulannya.
”Ada beberapa pembinaan yang difasilitasi sekolah diantaranya ada Tahfidz Club, Matematika Club dan Sains Club. Pembinaan dilakukan untuk mendalami materi, yang tidak hanya materi namun juga ada praktiknya. Sehingga saat ada lomba siswa ini sudah siap bibit-bibitnya, namun tujuan utamanya bukan lomba namun ini menjadi upaya sekolah memfasilitasi siswa dengan kecerdasaan di atas rata-rata,” terang Dodi.
Adapun, Koordinator Tim Sekolah Adiwiyata SD Al Muttaqin Otong Tatang SPd menuturkan SD Al Muttaqin tahun ini menjadi salah satu sekolah Binaan Adiwiyata. Warga sekolah diajak membiasakan diri menjaga kebersihan. Siswa memilah mana sampah organik dan nonorganik. Kemudian untuk sampah organik diolah menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah nonorganik dibuat benda berdaya guna.
”Di sekolah kami juga ada tanaman hydroponic yang belum lama ini sudah dipanen dan hasilnya bisa dinikmati oleh para guru dan anak yang ada di sekolah. Kami berharap lingkungan sekolah yang nyaman membuat anak betah di sekolah dan visi sekolah akan tercapai,” tutur Otong. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.