Ciakar Fokuskan Bebas ODF

16
SIMBOLIS. Camat Cibeureum Gito Wagiarto SIP (kiri) memberikan kloset jongkok secara simbolis untuk Kelurahan Ciakar, Rabu (14/8). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

CIBEUREUM – Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum mendapatkan bantuan jamban sehat untuk menunjang realisasi program Jawara Open Defecation Free (ODF) Menuju Sanitasi Aman (Saniman) dan menggiatkan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di Aula Kelurahan Ciakar, Rabu (14/8).

Camat Cibeureum Gito Wagiarto SIP menerangkan, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih sangat penting. Salah satunya tidak buang air besar sembarangan (BABS). Untuk menumbuhkan kesadaran tersebut pemerintah kecamatan pun tengah gencar menyosialisasikan program ODF yang digagas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes).

Menurut dia, salah satu bentuk peningkatan kualitas sanitasi aman adalah bantuan infrastruktur jamban. Adapun bantuan yang diberikan ke Ciakar berupa tujuh kloset jongkok, tangki air, pompa air, keramik, paralon dan lain-lain. Bantuan ini untuk merangsang masyarakat agar sadar perilaku hidup sehat. “Dengan begitu, dapat menumbuhkan kesadaran setiap warga untuk membangun toilet sendiri agar tidak membuang BAB sembarangan,” ujar dia.

Dalam menyukseskan program ODF, kata dia, kelurahan sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Jawara ODF Menuju Saniman. Mereka memiliki peran sentral dan strategis dalam mengelola lingkungan masyarakat. Mereka harus memiliki kedekatan emosional dan pengaruh di tengah masyarakat. “Satgas Jawara ODF bergerak untuk memotivasi Kecamatan Cibeureum terbebas ODF 2019,” kata dia.

Lurah Ciakar Kecamatan Cibeureum Elan Ruslan menyatakan, program Jawara ODF 2019 disambut baik oleh warga Kelurahan Ciakar. Pihaknya pun langsung fokus menggarap program STBM untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat lebih sehat. “Kami sangat berterima kasih sekali yang telah memberikan paketan bantuan stimulasi. Mudah-mudah mindset masyarakat bisa berubah setelah mendapat bantuan jamban aman tersebut agar sadar menjadi pola hidup yang PHBS,” katanya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.