Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

53.8%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.2%

0%

Ciamis Kekurangan Tenaga Pendidik

39
0
USAI UPACARA. Aparatur Sipil Negara (ASN) usai upacara Hari Korpri di Taman Lokasana Ciamis Senin (2/12). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Kabupaten Ciamis sampai saat ini masih kekurangan tenaga pendidik. Setiap tahunnya, ada 700 guru yang pensiun.

Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Ciamis H Tatang menyam­paikan dari 10.000 anggota Korpri, se­banyak 1.300 diantaranya pensiun. Dari 1.300 itu, 700 diantaranya tenaga pendidik /guru.

“Memang Ciamis ini kekurangan tenaga pendidik, karena jumlah pensiun guru tiap tahun sekitar 700 orangan,” ujar Tatang yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Senin (2/12) siang di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis.

Jumlah guru PNS yang pensiun dengan jumlah guru PNS yang direkrut belum sebanding. Tahun ini, Ciamis mendapatkan kuota 277 orang. Itu untuk semua formasi. Sedangkan, kuota untuk tenaga pendidik dan kependidikan 155 orang. Jumlah tersebut tidak bisa menutup kekurangan guru di Kabupaten Ciamis. Makanya, dengan banyaknya guru yang pensiun sampai 700 orang dampaknya terjadi kekosongan di SD maupun SMP di berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis.

“Makanya, untuk mengatasi kekosongan tersebut disiasati dengan guru rangkap bahkan keberadaan guru honorer atau sukwan di sekolah sangat membantu kekosongan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berharap Korpri sebagai organisasi PNS dapat meng­organisasikan para pegawai, untuk men­jadi pelayan ma­syarakat. Ten­tunya, dalam pela­yanan juga harus mampu meng­ikuti per­kem­­bangan. Ka­rena saat ini tek­nologi ber­kem­bang pesat di era 4.0 ini. “Ja­­di dengan pe­ngem­­­bangan teknologi, semua ASN harus me­nye­­­suaikan de­­ngan per­kem­­bangan se­ka­rang ini, ja­­­ngan sampai keting­­­galan,” tandasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.