Ciamis Kembali Dilanda Longsor

26

CIAMIS – Longsor kembali terjadi di Ciamis. Kali ini di Dusun Gara Tengah RT 05/13 Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari.

Rabu (28/ 11) sekitar pukul 08.00, tanah sawah setinggi 30 meter dan lebar 10 meter, longsor dan menimpa satu rumah milik Nono.

Tokoh masyarakat Kecamatan Tambaksari Hadir Dede Sudrajat menjelaskan warga bergotong royong memindahkan tanah yang menimbun dapur Mono.

“Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, karena tanah mengenai dapur rumah saja,“ jelas Hadir yang juga Anggota Tagana Ciamis ini.

Longsor di kawasan tersebut sudah kedua kalinya. Pertama 2010.
Di lokasi tersebut juga ada retakan sekitar 500 meter di lokasi area sawah. Retakan itu sampai ke rumah milik Nono. Jadi terbilang rawan lokasi tersebut, tentunya dikhawatirkan terjadi longsoran lagi bila hujan terus menerus.

“Makanya kami selalu mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, karena Tambaksari itu rawan longsor,“ paparnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan pihaknya khawatir retakan tanah 500 meter bisa menjadikan tanah di kawasan itu amblas. Apalagi, Tambaksari seringkali amblas.

“Kami tekankan masyarakat harus waspada bila ada tanda-tanda bencana segera lapor langsung kepada aparat sekitar, biar nanti kami pantau ke lokasi,“ ujarnya.

Sebelumnya, sejak dua hari lalu telah terjadi bencana rumah ambruk di Kecamatan Panjalu. Pada Senin (26/11), rumah hancur di Dusun Maparah 2 Desa Maparah akibat longsor. Lalu, Selasa (27/11), rumah di Dusun Pasirsugih Desa Hujungtiwu roboh akibat lapuk.

Ketua Karang Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan rumah yang tertimpa longsor itu milik Oding (40). Sekitar 19.30, korban tengah Salat Isya. Tiba-tiba terasa ada getaran. Lalu ke luar rumah. Tak lama setelahnya, rumahnya roboh tertimbun longsor setinggi 15 meter dengan lebar 10 motor.

Longsoran yang meratakan tempat tinggal ini berasal dari kolam milik Engkos (50). “Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Karena keburu keluar rumah dan bisa selamat. Namun rumahnya rusak. Rata dengan tanah,” jelasnya kepada Radar, Selasa (27/11). (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.