Ciamis Masih Terapkan PSBB, New Normal Dipertimbangkan

1003
0

CIAMIS – Usai mengikuti evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Gubernur Jabar, Kabupaten Ciamis tak akan langsung terapkan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Pasalnya, pemerintah mempertimbangkan kondisi adanya temuan baru Positif Covid-19 di salah satu Toserba. Sehingga kebijakan PSBB akan tetap diterapkan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak akan langsung menerapkan kebijakan AKB.) Alasannya, baru ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru di toserba. Sehingga kebijakan pembatasan-pembatasan pada PSBB masih diterapkan,” paparnya Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putera, Sabtu (30/05).

Sebenarnya, kata Yana, hasil evaluasi Ciamis berada di level 2 dan atas dasar hasil analisis Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, merekomendasikan Ciamis untuk diberlakukan AKB.

Dimana AKB itu bukan berarti kembali ke aktifitas sebelum pandemi Covid-19, namun setiap aktifitas harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan penerapan physical distancing.

“Mengenai waktu penerapan AKB di Ciamis, kita akan lakukan pembahasan terlebih dahulu dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) Kabupaten Ciamis,” terang Yana.

Yana menambahkan, seperti yang dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, terkait kebijakan protokol kesehatan dalam rangka AKB untuk level 2 untuk sektor perjalanan, akan membatasi mobilitas di dalam Provinsi.

Untuk sektor kesehatan terkait isolasi/karantina kesehatan dianjurkan bagi orang resiko tinggi (lansia, orang dengan penyakit).

Sebagian poliklinik rawat jalan dibuka, rawat inap normal dengan jumlah pengunjung 75 persen dari kapasitas layanan pasien.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.