Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

Ciamis Punya 2 Pintu Tol, Begini Kata HIPMI

2510
2
Kita jangan hanya jadi penonton namun menjadi pelaku usaha yang memanfaatkan dua pintu tol ini.” Nur Muttaqin Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ciamis

CIAMIS – Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ciamis Nur Muttaqin bersyukur di Kabupaten Ciamis akan ada dua pintu tol Bandung-Tasik-Cilacap (Bataci).

Kehadiran pintu tol di Ciamis kota dan Pamarican diprediksi akan mempercepat transportasi dan pembuka akses sektor ekonomi dan pariwisata Ciamis.

Baca juga : BPBD Ciamis Salurkan 5.000 Liter Air Bersih ke Sukajaya Pamarican

“Dengan adanya dua pintu tol ke Ciamis, banyak sektor lain yang akan terdongkrak, baik perhotelan dan jasa-jasa lain serta kuliner juga dan sebagainya,” ujarnya kepada Radar, Jumat (24/7/2020).

“Saya yakin akses perekonomian akan tumbuh berkembang cepat nantinya di Kabupaten Ciamis,” tambah pria yang juga anggota Komisi A Ciamis ini.

Saat ini, kata dia, tinggal masyarakat Ciamis menyambut kehadiran tol itu nanti.

“Kita jangan hanya jadi penonton namun menjadi pelaku usaha yang memanfaatkan dua pintu tol ini,” ujarnya.

Kehadiran pintu tol, kata Nurmut, sapaan akrabnya, menjadi pintu masuk tamu-tamu dari luar daerah ke Ciamis. Mereka bisa ada yang berwisata ke Ciamis atau sekadar mampir atau memang menginap di Ciamis.

“Kami mengajak kepada para pengusaha muda Ciamis untuk menggeliatkan perekonomian Ciamis, sehingga Ciamis tambah maju dan PAD (Pendapatan Asli Daerah, Red) pun tambah naik lagi,” paparnya.

Dosen Fakultas Ekonomi Unigal Ciamis M Azzis Bashari memprediksi perekonomian Ciamis akan jauh lebih maju dan tumbuh pesat setelah ada dua pintu tol di Ciamis. Karena akses keluar masuk ke Ciamis semakin mudah. Berwisata gampang. Kulineran juga.

Tinggal sekarang, kata dia, Pemerintah Ciamis membuka sebesar-besarnya kepada investor, pengusaha-pengusaha agar membuka bisnis di Ciamis. Baik sektor perdagangan, wisata dan sebagainya.

“Ini kesempatan emas buat Ciamis, tinggal bagaimana cara mengolah dan memoles agar perekonomian Ciamis tumbuh pesat dengan adanya dua pintu tol tersebut,” tuturnya.

Jangan sampai, kata Azzis, saat pintu tol sudah ada, pertumbuhan ekonomi tidak ada atau monoton. Makanya semua pihak mulai sekarang harus bisa menumbuhkan perekonomian.

“Karena kalau peluang tidak diambil, Ciamis bisa keteteran dan ketinggalan, makanya ini (dua pintu tol, Red) peluang menumbuhkan ekonomi ke depan untuk Ciamis. Jangan sampai Ciamis dikenalnya sebagai kota pensiun,” paparnya.

Menurut Azzis, sektor yang akan terdongkrak, setelah adanya dua pintu tol nanti, diantaranya pengiriman hasil bumi, makanan dan kerajinan dari Ciamis. Karena hadirnya tol akan mempersingkat waktu ke berbagai daerah.

“Saya kira Ciamis akan terlihat pertumbuhannya beberapa tahun setelah pintu tolnya masuk,” analisisnya.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM menjelaskan untuk pembangunan tol, di Ciamis, ada 2.400 bidang tanah yang akan terpakai pembangunan jalan tol.

“Sat ini tahapan sosialisasi dulu,” papar Herdiat usai melaksanakan ekspose dengan Provinsi Jabar dalam pra persiapan rencana pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Bataci, Kamis (23/7/2020). Rapat di Aula Sekretariat Daerah Ciamis diikuti para camat dan kades.

Rencananya pembebasan lahan dimulai 2022. Sedangkan pembangunan tahap pertama tol tersebut sampai Tasikmalaya. Untuk Ciamis masuk tahap kedua.

Yang jelas, kata Herdiat, pintu tol di Kabupaten Ciamis ada dua. Satu di wilayah perkotaan Ciamis dan kedua di wilayah Kecamatan Pamarican. Pintu tol tersebut dimaksudkan untuk masuk dan keluar kendaraan ke wilayah Kota Banjar.

Baca juga : Meski Hujan Masih Turun, Warga Pamarican Ciamis Mulai Kesulitan Air Bersih

“Tentunya rencana pembangunan jalan tol ini sesuai dengan rencana tata ruang wilayah Ciamis, Jalur Lingkar Selatan (JLS) sebagai kawasan industri,” ujarnya.

Dia berharap rencana pembangunan jalan tol tersebut lancar. Terutama pembebasan lahan berjalan aman dan tidak ada permasalahan, sehingga ke depan Ciamis lebih maju dan penumbuhan ekonominya cepat,” paparnya. (isr)

loading...

2 KOMENTAR

  1. BEBERAPA HAL YANG PERLU DISIAPKAN OLEH PARA. PEMANGKU KEPENTINGAN DLM MENYONGSONG PEMBANGUNAN 2 PINTU TOL DI KABUPATEN CIAMIS, yaitu. : 1. Siapkan diri dari sekarang pemda Kabupaten Ciamis sebagai fasilitator dan regulator kemajuan daerah. 2. Siapkan masyarakat sebagai aset daerah yang siap menjadi pelaku usaha. 3. Siapkan sistem informasi bisnis digital agar pelaku usaha, investor, mendapatkan informasi peluang usaha yang ada di Kabupaten Ciamis. 4. Siapkan Kawasan Industri Skala Kabupaten dan Regional sesuai Tata Ruang yang berkelanjutan. 5. Siapkan infrastruktur pendukung bisnis untuk meningkatkan daya saing daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.