Ciamis Selaras Dicoret-coret

161
VANDALISME. Neon box Ciamis Selaras di Jalan Rayan Sindangkasih—Tasikmalaya jadi sasaran vandal, Kamis (14/3). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Neon box Ciamis Selaras di perbatasan Jalan Raya Sindangkasih—Tasikmalaya dipenuhi coretan-coretan tidak jelas, Kamis (14/3). Vandalisme tersebut bukan hanya menyasar neon box, tetapi juga sejumlah toko di Kota Galendo.

Ketua Umum Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri (Pedal Gas) Kabupaten Ciamis Noer JM prihatin dengan vandalisme yang merusak keindahan sarana publik. Bahkan, selain neon box Ciamis Selaras, pertokoan dan rambu-rambu lalu lintas juga dicoret-coret para vandal. “Dengan aksi vandalisme tersebut, jelas menjadi kumuh dan tidak enak dipandang,” ujar Noer saat ditemui Radar di Jalan Jenderal Sudirman kemarin.

Vandalisme merupakan perbuatan melawan hukum. Maka dari itu, aparat penegak hukum harus menindak para vandal karena mereka sudah semena-mena mengganggu ketertiban umum. “Bila mereka tertangkap, alangkah baiknya dipidanakan agar memberi efek jera,” katanya.

Dia meminta para vandal menghentikan perbuatan tidak terpuji itu. Alangkah baiknya bila punya kemampuan menggambar disalurkan ke hal-hal yang berguna. “Saya juga berdoa semoga saja mereka diberikan kesadaran tidak melakukan aksi vandalisme tersebut karena itu juga termasuk dosa,” ujar dia.

Paur Humas Polres Ciamis Iptu Hj Iis Yeni Idaningsih menyebutkan vandalisme itu masuk ke ranah pidana karena mengganggu ketertiban umum. Bila para vandal itu ditemukan maka bisa jerat hukum. “Kami mengimbau kepada masyarakat bila ada yang menemukan aksi vandalisme segara lapor, biar kami tindak dan proses,” ujarnya menegaskan. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.