Ciptakan Alat Penghemat BBM

DIUJI. Nana Suryana bersama tim pembuat Reaktor Maharya Pati di ruang uji KIR Dishub Kota Banjar Jumat (7/9). (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Maharya Pati Kota Banjar berhasil menciptakan alat penghemat bahan bakar minyak (BBM) dan ramah lingkungan. Teknologi terbarukan ini diberi nama Reaktor Maharya Pati.

Ketua Maharya Pati Kota Banjar Dalija SIP, MSi menjelaskan alat tersebut disimpan dalam sebuah tabung yang diberi cairan khusus. Tabung tersebut disambungkan dengan selang menuju ruang bakar mesin kendaraan.

“Ini inovasi kita untuk menjawab tantangan saat ini, yakni efek pemanasan global yang cukup dirasakan di Indonesia, khususnya Kota Banjar,” tutur dia usai menguji reaktor di ruang uji KIR Dishub Kota Banjar Jumat (7/9).

Menurut dia, alat tersebut khusus digunakan pada kendaraan jenis mesin, baik diesel maupun berbahan bakar bensin.

“Sekarang masih dalam masa uji coba. Kalau sekarang belum diperjualbelikan, karena masih dalam riset. Tadi (kemarin, Red) saat dicoba emisi gas buang (kendaraan) biasanya 20 persen ke atas, setelah menggunakan alat turun jadi 10 persen,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Banjar terpilih Nana Suryana mengapresiasi apa yang diciptakan Maharya Pati Kota Banjar.

“Alat ini ternyata ramah lingkungan. Pembuangan gas emisi dikeluarkan sangat minim. Alat ini harus digunakan di setiap kendaraan, baik di lingkungan pemerintah atau masyarakat,” ungkapnya.

Nana menjelaskan ada beberapa keuntungan apabila alat tersebut digunakan pada kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Banjar, yakni efisiensi anggaran.

“Nanti usulkan ke wali kota untuk bisa bermitra dengan Maharya Pati. Ini bisa menjadi solusi menjaga lingkungan dari emisi gas, bukan hanya Kota Banjar tapi dunia,” tandasnya. (nto)

loading...