Ciptakan Anak Cerdas dan Berakhlak

43
0
MERIAH. Peringatan Hari Anak Nasional 2019 oleh anak-anak PAUD se-Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Islamic Center berjalan meriah, Kamis (28/11). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya memperingati Hari Anak Nasional 2019 di Islamic Center, Kamis (28/11). Kegiatan ini diikuti ratusan anak PAUD dari setiap kecamatan.

Peserta yang hadir mengikuti berbagai kegiatan seperti perlombaan, pawai, senam, fashion show, lomba tari dan kreasi seni lainnya.

Kasi PAUD pada Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Sera Sani Verana SPd MPd mengapresiasi peserta yang hadir memperingati Hari Anak Nasional 2019. “Kegiatan ini guna menjaga silaturahmi orang tua murid dan anak-anak yang mungkin jarang terjadi,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, kegiatan ini untuk memotivasi orang tua tentang hak-hak anak. “Kegiatan ini pun menggali potensi anak-anak sebagai generasi penerus dan harapan bangsa. Beribu-ribu anak merupakan generasi penerus harapan orang tua,” katanya.

“Anak-anak merupakan pewaris dan penerus cita-cita bangsa di masa mendatang. Jika kita ingin memiliki generasi penerus yang sehat, cerdas dan berakhlak, maka kita harus bisa memberikan pendidikan yang baik sejak dini,” katanya.

Sera menyebutkan pola pengasuhan anak yang berkualitas harus menjadi konsep utama dengan memberikan pemenuhan hak anak dan membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga.

“Ketahanan keluarga harus lebih ditingkatkan, se­hingga orang tua atau keluarga dapat men­ja­lan­kan peran dan fungsinya dengan baik,” ucapnya.

Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya H Iin Aminudin mengatakan, Hari Anak Nasional sebagai momentum untuk kembali mendorong kegiatan peduli hak anak sebagai penerus bangsa yang ber­pres­tasi. “Termasuk melibatkan seluruh elemen untuk program peduli anak dan melahirkan generasi berprestasi,” ujarnya.

Kata Iin, anak usia dini harus mendapatkan perhatian, karena merupakan usia emas. Maka dari itu, anak-anak usia 0-6 tahun harus dipelihara perlakuannya dengan baik. “Pada akhirnya kita dapat mewujudkan anak-anak yang sehat, cerdas, ceria, serta berakhlak mulia,” ujarnya.

Bunda PAUD Kabupaten Tasikmalaya Hj Ai Diantani Sugianto menuturkan, anak merupakan sumber daya manusia yang sangat penting untuk meneruskan cita-cita bangsa. “Mereka adalah aset penting bagi bangsa ini. Kita harus memiliki komitmen yang sama untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki anak,” ujarnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.