Ciptakan Generasi Kreatif dan Kuasai Sains

156
0
KOMPAK. Guru, siswa dan orang tua siswa antusias menyambut kompetisi Bintang Sains 2019. SDN 1 Lewo mengirimkan 21 peserta untuk berprestasi di Bintang Sains. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Lewo Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya mengirimkan 21 siswanya untuk berkompetisi di ajang Bintang Sains 2019 yang digelar Radar Tasikmalaya Group pada 16 sampai 21 Desember 2019.

Kepala SDN 1 Lewo Apep Suherman SPd mengatakan Bintang Sains ini sebagai ajang mengembangkan bakat dan potensi terbaik di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA). Selain itu melalui ajang kompetisi ini, dapat memberikan ruang bagi siswa untuk meraih prestasi dan pengalaman.

“Sangat mendukung sekali dengan adanya Bintang Sains, karena momentum yang sangat bagus untuk mengembangkan potensi dan wawasan siswa mengenai sains,” kata dia kepada Radar, Rabu (27/11).

Dia menambahkan, kompetisi Bintang Sains ini juga bisa sebagai latihan dalam menghadapi pekan kreativitas siswa Olimpiade Sains Nasional (OSN) di awal tahun 2020.

“Bintang Sains ini bisa mengasah kemampuan siswa di bidang sains dan nantinya tolok ukur untuk mengikuti OSN tahun depan,” ujarnya.

Pihaknya juga memotivasi siswa untuk mengembangkan dan menciptakan kreativitas di bidang sains. Selain itu untuk menyemangati adik kelasnya untuk ingin mengikuti kompetisi sains pada tahun depan.

Pembimbing Sains SDN 1 Lewo Dede Nani SPd mengatakan, siswa yang akan ikut Bintang Sains ini diberikan bimbingan intensif agar menunjukkan kemampuan terbaiknya saat berkompetisi.

Loading...

“Selain belajar di rumah, siswa juga diberikan jam tambahan mata pelajaran sains di sekolah,” katanya.

Pembimbing Sains SDN 2 Lewo Titing Sulastri SPd menjelaskan Bintang Sains bisa menggugah anak dalam mempelajari ilmu bumi seperti keaneka ragaman makhluk hidup, ruang angkasa dan lainnya. Maka, melalui lomba sains siswa SD bisa mengenal dasar-dasar sains.

“Ketika anak suka sains nanti bisa menjadi peneliti di bidang yang disukai misalnya meneliti planet, flora, fauna dan lainnya,” katanya

Selain itu, tambahnya, ketika guru sudah mengarahkan untuk mencintai sains, diharapkan membawa keberhasilan anak untuk menjadi peneliti di masa depannya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.