Ciptakan Generasi Unggul, LP Ma’arif NU Kota Tasik Jaring Kepala Madrasah Profesional & Bermoral

81
0
KOMPAK. Ketua LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya H Dudu Rohman SAg MSi (kiri) bersama Ketua dan Tim Teknis Seleksi Terbuka untuk Calon Kepala Madrasah dan SMK 2020 di lingkungan LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya, di Sekretariat PC NU Kota Tasikmalaya, Sabtu (14/3).
KOMPAK. Ketua LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya H Dudu Rohman SAg MSi (kiri) bersama Ketua dan Tim Teknis Seleksi Terbuka untuk Calon Kepala Madrasah dan SMK 2020 di lingkungan LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya, di Sekretariat PC NU Kota Tasikmalaya, Sabtu (14/3).

TASIK – Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Kota Tasikmalaya berkomitmen menciptakan generasi unggul. Mereka menjaring pimpinan madrasah profesional, integritas dan bermoral.

Saat ini, mereka membuka seleksi terbuka untuk calon kepala madrasah dan SMK 2020 di lingkungan LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya untuk jenjang MI/MTs/MA/SMK.

Pendaftaran penjaringan dibuka pada Rabu sampai Senin (1-6/4) di Sekretariat PC NU Kota Tasikmalaya. Syarat khususnya, yaitu kader kader Jam’iyyah NU, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, memiliki sertifikat pendidik dan lainnya.

Ketua LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya H Dudu Rohman SAg MSi mengatakan tujuan mengadakan seleksi dengan terbuka ini, agar membentuk kaderisasi pemimpin di madrasah mulai jenjang MI, MTs hingga MA/SMK, sehingga menyinergikan visi dan misi antara kepala madrasah dan SMK di lingkungan NU, khususnya di LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya.

Selain itu, open bidding untuk kepala madrasah ini, kata Dudu, agar semua kader-kader di NU atau guru NU muncul untuk menjadi pemimpin di madrasah-madrasah.

“Hal ini merupakan peran strategis dalam pengembangan kompetensi dan profesionalitas guru madrasah di lingkungan LP Ma’arif NU lebih baik lagi,” kata Dudu kepada Radar, Minggu (15/3).

Baca Juga : SMKN 2 Kota Banjar Punya Puluhan Robot

Seleksi kepala madrasah, kata Dudu, terbuka untuk pengurus ranting dan banom NU lainnya. Itu sebagai upaya untuk meningkatnya peran guru madrasah NU menjadi kepala madrasah.

“Tujuannya untuk mencari kepala madrasah yang lebih profesional sehingga mampu memanajemen madrasah NU lebih baik lagi,” ujar dia.

Ketua Panitia Seleksi Kepala Madrasah di LP Ma’arif NU H Uun Harun MPd menjelaskan, penilaian meliputi administrasi dan akademik. Diantaranya memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural dan memiliki rekam jejak profesional, integritas, dan moralitas yang baik.

“Yang terpenting sebagai kader Jam’iyyah NU, “ kata Uun.

Baca Juga : Ini Bentuk Tanggung Jawab, Organisasi Penggerak Dongkrak Mutu Sekolah

Untuk melihat kemampuan calon kepala madrasah dari sisi akademik, kata Uun, akan ada dua tes tertulis dan tes wawancara.

“Hasilnya akan diakumulasikan nilai itu, dari aspek pendidikan termasuk kemampuan manajerial kepala madrasah dalam mengelola lembaga pendidikan di NU, sehingga akan terjaring kepala madrasah yang mempunyai kompetensi dan kemampuan manajerial sekolah dan mampu mengembangkan sekolah NU,” ujarnya.

Diharapkan pada April sampai Mei 2020, kata dia, sudah ada calon kepala madrasah. Nanti hasil rekrutmen tinggal diserahkan kepada Ketua PC NU Kota Tasikmalaya KH Ate Musoddiq Bahrum untuk menindaklanjuti tersebut.

“Jadi ini (calon kepala madrasah di NU, Red) terbuka untuk umum, tapi pesertanya boleh dari yang berafiliasi (hubungan, Red) di bawah naungan pendidikan NU,” katanya.

Perwakilan Tim Seleksi, Drs H Dadang Abdul Patah MM menyatakan tahapan seleksi calon kepala (cakep) madrasah 2020 terdiri dari 3 tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi akademik/tes tulis potensi akademik, tes wawancara dan presentasi makalah kaitan dengan program pengembangan madrasah ke depan.

“Yang terpenting kompetensi yang harus dimiliki cakep dan merupakan komponen penilaian adalah kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi supervisi,” katanya.

Menurutnya, lima kompetensi itu harus dimiliki calon dan kepala sekolah agar setelah menjadi kepala madrasah yang mampu mengembangkan madrasah lebih berkualitas, maju, dan mampu memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.