Ciptakan Sistem Monitoring Telur

234
0
TALKSHOW. Humas STT YBSI Tasikmalaya Ressy bersama Rudi, Alam dan Ali, mahasiswa yang menyabet juara tiga dalam Kominfo Award 2017 menunjukkan piagam dan piala yang mereka raih pada ajang tersebut, usai Talkshow Bincang Radar di Studio Radar Tasikmalaya TV Jumat (8/12).

TASIK – Mahasiswa STT YBSI yang tergabung dalam tim Startup Priangan Timur membuat karya berupa Sistem Monitoring Produktivitas Telur Ayam Berbasis Teknologi Digital. |

Karya ini menjadi juara ketiga dalam Kominfo Award 2017 Lomba Aplikasi Inovasi Kategori Mahasiswa di Bandung.
“Sistem ini dibuat karena selama ini peternak kesulitan mengontrol dan memonitor jumlah telur yang dihasilkan,” terang mahasiswa STT YBSI Rudi Hermawan dalam talkshow Bincang Radar di Studio Radar Tasikmalaya Televisi Jumat (8/12).

Cara kerja sistem tersebut menggunakan arduino dan sistem saklar. Setiap ayam bertelur, telurnya menekan sistem saklar dan diteruskan oleh kabel ke arduino. Dari arduino dikonversi ke database yang bisa dicek di aplikasi android atau website. “Sehingga peternak lebih mudah mengontrol jumlah ayam yang bertelur, ayam mana yang tidak produktif serta meminimalisir kecurangan pegawai,” ujarnya. Ali Farizal yang juga mahasiswa STT YBSI menambahkan, sistem ini akan dikembangkan oleh tim startup menggunakan sensor infra merah sehingga lebih efektif. “Di Startup ini mahasiswa didorong untuk memiliki karya dan menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital,” terangnya.

Alam, mahasiswa STT YBSI lainnya menuturkan selain didorong untuk berkarya, mahasiswa juga didorong untuk memiliki sertifikasi agar kemampuannya diakui secara legal di Indonesia maupun di luar negeri. (na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.