Beranda Pangandaran Ciputrapinggan Bisa Dilintasi

Ciputrapinggan Bisa Dilintasi

28
0
BERBAGI
Nana Suryana / Radar Tasikmalaya TINJAU. Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata dan H Adang Hadari memantau pengerjaan jembatan Ciputrapinggan kemarin (11/12).

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati H Adang Hadari membuka secara resmi jembatan Ciputrapinggan Kamis (11/1). Dengan begitu, akses utama ke Pangandaran sudah tidak lagi melalui dua jembatan sementara.
Jeje mengatakan, saat ini seluruh jenis kendaraan bisa melintasi jembatan dari dua kedua arah. “Alhamdulillah masyarakat pengguna jalan bisa kembali nyaman setelah satu tahun lamanya menggunakan jembatan sementara,” ungkapnya.
Ia berharap berfungsinya jembatan yang menghabiskan anggaran hingga Rp17 miliar itu dapat meningkatkan kembali kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.
“Jembatan Ciputrapinggan merupakan akses vital masyarakat Pangandaran. Pasca ambru jembatan Ciputrapinggan, perekonomian di Pangandaran sempat lumpuh, pendapatan asli daerah juga menurun, objek wisata sepi bahkan pasar pun tidak ada geliat,” ungkapnya.
Jembatan Ciputrapinggan memiliki bentangan sepanjang 50 meter dan lebar 8 meter. Pembangunan jembatan baru itu menghabiskan anggaran sebanyak Rp 17 miliar.
Sebelum dibangun jembatan baru, proses pembangunan jembatan sementara begitu panjang. “Tidak mudah untuk kembali menghubungkan akses Pangandaran ke luar daerah saat itu, mulai dari persoalan tanah yang harus sewa sebesar Rp 80 juta/tahun sampai upaya meyakinkan kementerian dan proses pembuatan jembatan sementara yang sempat gagal dan akhirnya melibatkan banyak masyarakat,” ujar Bupati.
Persoalan lainnya yaitu, tanah yang akan digunakan untuk pembangunan jembatan baru yang berada di samping jembatan lama. “Dulu pada tahun 70-an tanah itu merupakan jembatan. Tiba-tiba saat mau dibangun lagi tanahnya sudah jadi hak milik bahkan bersertifikat. Akhirnya harus ada penggantian tanah sekitar Rp 1,2 miliar,” tuturnya.
Saat di tengah tengah pembangunan jembatan baru, lanjut Jeje, dua beton penyangga atau girder tiba-tiba jatuh akibat kesalahan pemasangan. Insiden tersebut membuat penyelesaian proyek jembatan molor. (nay)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here