Ciri Fisik Mirip, Minta Diautopsi

152
0
Denny Romdoni
Loading...

Jenazah yang di­temukan tersangkut bebatuan di Sungai Ciwulan Kampung Urug Lapang Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu diduga merupakan Uu Darul Fadli (73), dia merupakan warga Cicariang Kelurahan Kersamenak Kecamatan Kawalu.

Senin sore (1/4), sejumlah warga mendatangi kamar mayat RSUD dr Soekardjo melihat jenazah.

Pakaian jenazah mirip dengan Uu Darul Fadli yang telah lima hari meninggalkan rumah.

Wakapolsek Kawalu Iptu Nandang Rohmana SH mengatakan mayat di Sungai Ciwulan tersebut diduga sebagai Uu Darul Fadli. Karena beberapa hari sebelumnya, Uu dilaporkan hilang oleh keluarganya. “Ada sekitar tiga hari yang lalu kita dapat laporan,” ujarnya saat dihubungi Radar.

Meskipun ada kesamaan dalam pakaiannya, keluarga masih ragu jenazah tersebut Uu Darul Fadli. Namun ada ciri fisik yang cukup menguatkan. “Di punggungnya Uu ada benjolan, dan ternyata di mayat itu memang ada benjolan,” tuturnya.

Loading...

Kata Nandang, Uu Darul Fadli merupakan pria yang sudah tidak bekerja dan memiliki penyakit pikun. Semasa mudanya, Uu pernah bekerja di koperasi dan perusahaan jasa angkutan umum di Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, Uu sudah beberapa kali pergi dari rumah namun biasanya selalu ditemukan berdiam diri di masjid. Sebelum kasus penemuan mayat di Ciwulan itu, keluarga pun berupaya mencari keberadaannya.

Uu Darul merupakan paman dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya H Denny Romdoni. Hal itu diakuinya, saat dihubungi Radar melalui sambungan telepon. “Informasi dari saudara yang ke rumah sakit, pakaiannya memang mirip,” kata Denny.

Untuk itu, dia pun meminta kepastian secara medis melalui tes DNA dan Autopsi. “Kami perlu bukti autentik meyakinkan jenazah adalah keluarga kami,” tegasnya.

Disinggung proses pemeriksaan DNA memakan waktu lama, Denni mengaku tidak mempermasalahkanya. Setelah sampel diambil, maka jenazah akan dikebumikan sebagaimana mestinya. “Kalau pun hasilnya ternyata bukan (pamannya, Red), ya hitung-hitung ibadah kita ngurusin jenazah orang lain,” katanya.

Jika memang secara medis terbukti bahwa jenazah itu merupakan pamannya. Denny pun meminta kepastian agar penyebab kematiannya bisa diusut. ”Itu (penyebab, Red) harus diketahui, supaya tidak menjadi tanda tanya keluarga,” ungkapnya.

Disinggung adakah kecurigaan pamannya dianiaya, Denny mengaku hal yang wajar jika keluarga ingin memastikan bagaimana almarhum bisa meninggal. Terlebih kondisi kulitnya sudah rusak. “Kita kan enggak tahu bagaimana almarhum meninggal, tahu-tahu ditemukan di sungai,” tuturnya.

Tentang paman tersebut, Denny mengatakan bahwa Uu Darul Fadli merupakan pria yang punya masalah dengan ingatan. Sebab sudah beberapa kali hilang dari rumah. “Kalau yang sekarang sudah pergi dari rumah sekitar lima hari,” tuturnya.

Meskipun begitu, secara fisik pamannya iterbilang sehat tanpa penyakit yang menonjol. Maka dari itu, dia ingin kejelasan identitas jenazah serta penyebab kematiannya. “Hanya ingin memastikan saja,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.