Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.8%

20.5%

8.5%

66.2%

CNY Mundur dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasik, Jajang PAW

2193
0

SINGAPARNA – Mundurnya Cecep Nurul Yakin (CNY) dari jabatan wakil ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya karena mencalonkan diri di Pilkada 2020, maka akan ada pergantian antar waktu (PAW) di Fraksi PPP untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya Ikbal Nasihin mengatakan, untuk penggantinya sendiri adalah calon legislatif (caleg) PPP di daerah pemilihan (dapil) 5 Kabupaten Tasikmalaya suara terbanyak kedua yakni Jajang Ubaidillah Mufti yang meraih 4.600 suara saat Pileg 2019 lalu.

Baca juga : Pilbup Tasik, Tim Azies-Haris Finalisasi Langkah Pemenangan

“Pak Cecep sudah membuat dan mengurus surat pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya setelah resmi mendaftar ke KPU. Surat pengunduran dirinya diusulkan ke Kemendagri secara administrasi tata negara. Nanti setelah keluar surat keputusan (SK) pemberhentian dari Kemendagri, kita dari DPC PPP mengajukan pergantian antar waktu (PAW) ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya kepada Radar, Kamis (10/9).

Ikbal menambahkan, paling lambat dalam dua minggu ke depan proses persyaratan sampai kepada PAW dan pelantikan melalui rapat paripurna DPRD dilantik oleh pimpinan dewan.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Farid Khozin MSi mengatakan, secara otomatis ketika ada anggota DPRD yang maju di Pilkada Tasik harus mengundurkan diri dari jabatan dewan.

“Teknisnya nanti sebelum PAW dan pelantikan di DPRD, semua persyaratan dan usulan pemberhentian sampai kepada pergantian, selain diurus oleh partainya juga oleh bagian pemerintahan dan KPU,” terang Iing.

Jelas dia, setelah nanti SK pemberhentian dari Kemendagri keluar, nanti disampaikan bupati ke pemerintah provinsi dan untuk penggantinya harus diplenokan oleh KPU terhadap caleg PPP suara kedua terbanyak sesuai amanat undang-undang.

“Setelah keluar surat keputusan dari gubernur atas usulan pemerintah daerah dan hasil pleno KPU, baru DPRD mengagendakan PAW dan pelantikan yang dilaksanakan dan dilantik caleg pengganti tersebut oleh ketua dewan dalam paripurna,” katanya, menjelaskan.

“Untuk posisi dewan PPP pengganti ini, menempati jabatan apa di DPRD kembali lagi tergantung ke partai PPP-nya. Nanti ada mekanismenya di partai yang mengusulkannya. Kami sudah konsul kebagian hukum Pemprov Jabar, jadi penentuan posisinya tergantung dari partai dan fraksi-nya. Kita masih menunggu prosesnya, yang jelas dengan adanya salah satu anggota DPRD yang mengundurkan diri harus ada PAW,” kata dia.

Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Tasikmalaya Apip Ipan Permadi menambahkan, untuk penentuan posisi anggota dewan hasil PAW dari PPP, nanti tergantung mekanisme di DPC PPP.

“Ada mekanisme dulu di partai, jadi tidak langsung pengganti ini mengisi jabatan pimpinan DPRD yang ditinggalkan oleh Pak Cecep, ada mekanisme dulu di partai,” terang dia.

Calon legislatif (Caleg) dari PPP suara kedua terbanyak di daerah pemilihan (dapil) 5, Jajang Ubaidillah Mufti mengaku naiknya menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menggantikan Cecep adalah sebuah anugerah.

Baca juga : KPAI Tinjau Sekolah Siap Tata Muka di Kabupaten Tasik, Hasilnya..

“Alhamdulillah ini anugerah Allah berikan kepada saya dan masyarakat yang menitipkan amanahnya kepada saya. Dan akan dilaksanakan sebaik-baiknya tugas sebagai wakil rakyat ini,” ungkap dia.

Jajang menambahkan, dalam Pileg 2019 lalu di dapil 5 memang meraih suara sebanyak 4.600-an kedua terbanyak setelah Cecep Nurul Yakin. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.