Coba Terapkan Unas Berbasis Android

14
Totong

TAROGONG KIDUL – SMKN 1 Garut akan mencoba menerapkan ujian nasional tahun (unas) ini dengan berbasis android atau pelaksanaannya menggunakan smartphone. Hal tersebut diutarakan Kepala SMKN 1 Garut H Dadang Djohar Arifin.

“Kita akan rencanakan seperti itu, tetapi masih kita bahas teknisnya seperti apa,” ujar dia kepada wartawan di kantornya Kamis (7/2).

Rencana penerapan sistem ujian dilakukan sebagai inovasi dalam mengikuti perkembangan zaman. Ujian nasional menggunakan android juga, menurut dia, lebih efisien dan mudah dalam pengadaan infrastrukturnya. “Sekarang hampir seluruh siswa sangat mahir memakai smartphone dan hampir semua memilikinya,” terangnya.

Meski sudah ada rencana menerapkannya, tetapi pihaknya belum bisa meyakinkan ujian nasional berbasis android dilakukan tahun ini. Karena masih dalam pembahasan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong mengatakan belum semua sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tetapi tahun ini pihaknya sudah mempersiapkan infrastruktur di sekolah di selatan Garut untuk bisa melaksanakan UNBK. “Tahun lalu hanya wilayah kota saja yang bisa, tetapi tahun ini kita akan coba di selatan,” terangnya saat dihubungi wartawan kemarin.

Dia pelaksanaan UNBK di wilayah selatan sebelumnya memiliki berbagai kendala, salah satunya demografi dan jaringan internet. “Sekarang kita persiapkan lebih khusus, supaya tahun ini wilayah selatan bisa melaksanakan UNBK,” paparnya.

Menurut dia, saat ini yang siap melaksanakan UNBK hanya 150 dari 370 SMP. UNBK tahun ini Pemkab Garut mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,7 miliar untuk menunjang pelaksanaannya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.