Covid-19 Makin Merebak, Guru SMKN 2 Kota Banjar Bikin Ventilator

400
0
BERINOVASI. Guru SMK Negeri 2 Banjar Pandu Pribadi mencoba ventilator buatannya kemarin. Dia rencananya akan mengembangkan ventilator buatannya. anto sugiarto / radar tasikmalaya

BANJAR – Guru Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Banjar Pandu Pribadi SSi, MPd membuat ventilator atau alat bantu pernafasan. Dia tergugah membuat alat tersebut karena terus meningkatnya jumlah kasus Covid-19.

“Siapa tahu (dengan membuat ventilator, Red) bisa membantu meringankan beban tenaga medis. Namanya juga kita berusaha mencoba membuat. Bahan-bahannya baru terkumpul tadi (kemarin, Red),” ujarnya kepada wartawan di rumahnya di Kelurahan Mekarsari Senin (13/4).

Baca juga : Positif Covid-19 Kota Banjar Nambah 1 Orang dari Desa Waringinsari

Kata dia, peralatan yang digunakan membuat ventilator sementara mengandalkan alat yang ada. Seperti komponen motor DC, pompa udara, selang, mask dan arduino. Komponen tersebut dirangkai menjadi satu bagian yang nanti disebut ventilator.

Kata dia, alat tersebut berfungsi memberikan tekanan pernapasan udara ke dalam paru-paru dan juga menarik udara dengan ritme atau jeda. “Untuk membuat ventilator itu menghabiskan dana kurang dari dua juta rupiah untuk yang manual,” tutur dosen STIT Muhammadiyah Banjar itu.

Rencana ke depan, ventilator akan dikembangkan dengan sistem internet of think (IOT) atau menggunakan aplikasi di hape. Dengan menerapkan sistem jarak jauh dalam proses pengendaliannya, sehingga menghindari kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Loading...

Baca juga : 2 Mahasiswa & 1 Karyawan Pelaku Vandalisme Diringkus Polisi Kota Banjar

“Mudah-mudahan dengan adanya alat ventilator ini bisa mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19. Meski masih berbentuk prototipe, tapi saya yakin bisa berfungsi dengan baik. Ini masih butuh penyempurnaan,” tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya juga dia telah membuat bilik steril disinfektan otomatis. Bilik itu banyak diminati masyarakat untuk dipasang di masjid atau perkantoran. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.