CR7 Dikeroyok SMF

177
0

KIEV – Beban produktivitas klub finalis Liga Champions musim ini tidak terbagi rata. Di kubu Real Madrid, Cristiano Ronaldo melesat sendiri sebagai mesin gol utama Los Merengues. Sementara di tubuh Liverpool, trio SMF (Sadio Mane-Mohamed Salah-Roberto Firmino) merupakan tulang punggung tim.

Level kesuburan CR7 berlari jauh di depan rekan-rekannya dengan 44 gol dalam 43 penampilan di semua ajang. Dari total gol Real musim ini yang mencapai 145 gol maka persentase kontribusi Ronaldo ada di angka 30,34 persen.

Sedangkan Liverpool yang menghasilkan 134 gol di semua ajang, 90 gol diantaranya lahir berkat SMF. Atau sekitar 67,16 persen gol The Reds musim ini adalah hasil kerja trisula Firmansah (Firmino-Mane-Salah).

Nah, melihat gol-gol Ronaldo musim ini di Real lebih sering tercipta di Liga Champions. Di antara semua matchday yang dijalani Real, hanya di leg pertama dan kedua semifinal Liga Champions versus Bayern Muenchen Ronaldo absen mencetak gol.

Selebihnya pemain 33 tahun tersebut selalu berhasil mengoyak gawang lawan-lawannya di Liga Champions. Mencetak gol dalam 11 laga Liga Champions secara beruntun menjadi rekor spesial bapak empat anak itu musim ini.

Ronaldo pun melampaui capaian penyerang Manchester United Ruud van Nistelrooy yang mencetak gol dalam sembilan matchday beruntun di Liga Champions musim 2001-2002 dan 2002-2003 itu.

“Liga Champions adalah ajang yang spesial. Saya selalu memimpikan memenangi Liga Champions dengan Real Madrid dan saat ini kami satu langkah lagi untuk menang,” kata Ronaldo seperti diberitakan ESPN FC.

Ronaldo juga menciptakan gol indah musim ini. Pada leg pertama perempat final Liga Champions 4 April di Allianz Stadium Turin, Ronaldo melakukan chilena ketika Real menang 3-0 atas Juventus.

Ronaldo menuturkan kalau Liverpool berhak atas sikap respek. Terlepas musim ini mereka gagal menjuarai Premier League namun The Reds mencapai final kejuaraan Eropa. Satu fase yang tak bisa dicapai oleh kampiun Premier League musim ini Manchester City.

“Mereka cepat dan bertenaga dalam melakukan penyerangan sehingga saya memberikan rasa hormat buat mereka. Tiga pemain depan mereka (seandainya dirata-rata) mencapai 30 gol per orang,” tutur Ronaldo.

Entrenador Real Zinedine Zidane seperti diberitakan AS kemarin mengatakan kalau Ronaldo adalah pemain spesial timnya. Apapun kondisinya, eks pemain Manchester United itu selalu bisa menciptakan gol.

“Apakah saya akan menukarkan Cristiano (Ronaldo) dengan (Mohamed) Salah ? Tidak. Saya hanya membicarakan tentang pemain saya dan bukan pemain tim lain,” kata Zidane.

Di sisi lain, bek kiri Liverpool Andy ‘Robbo’ Robertson mengatakan kepada The Guardian Real bukan hanya bertumpu kepada Ronaldo seorang. Meski faktanya CR7 lah yang paling menonjol sebagai tumpuan lini depan mereka.

“Pertandingan ini merupakan satu tantangan besat bagi kami. Satu-satunya masalah yang kami hadapi ketika bertemu Real adalah mereka semua adalah pemain fantastik,” tutur Robbo. (dra/jpg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.