Cuaca Buruk, Harga Bumbu Dapur Naik

62
0
MERANGKAK NAIK. Komoditas bumbu dapur di Kabupaten Pangandaran mengalami kenaikan harga akibat cuaca buruk, Rabu (8/1). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
MERANGKAK NAIK. Komoditas bumbu dapur di Kabupaten Pangandaran mengalami kenaikan harga akibat cuaca buruk, Rabu (8/1). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Sejumlah bumbu dapur di beberapa pasar mengalami kenaikan, hal ini dipicu oleh cuaca buruk dalam kurun waktu beberapa minggu ke belakang.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan di Pasar Kalipucang sejumlah harga seperti cabai merah mengalami kenaikan dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu, kemudian cabai kriting naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 55 ribu.

”Cabai rawit juga mengalami kenaikan dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu dan bawang putih dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu.” ujarnya kepada Radar, Rabu (8/1).

Sementara di Pasar Pananjung harga cabai rawitlah yang terpantau naik, dari Rp 45 ribu menjadi Rp 60 ribu. ”Sementara itu harga goreng kemasan naik dari Rp 14 ribu menjadi Rp 15 ribu,” terangnya.

Untuk Pasar Parigi, ada dua item yang mengalami kenaikan diantaranya cabai rawit dari Rp 40 ribu menjadi Rp 65 ribu, sementara untuk bawang putih dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu. ”Cenderung sedikit yang mengalami kenaikan,” terangnya.

Menurut dia, kenaikan harga komoditas tersebut disebabkan cuaca buruk yang terjadi dalam kurun waktu terakhir. ”Selain mempengaruhi masa panen, juga distribusi dari laur ke daerah Pangandaran jadi terganggu,” singkatnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.