Cuaca Ekstrem, Pepohonan Jadi Ancaman

20
RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA PERTAMANAN. Pepohonan tertanam di bahu Jalan Letnan Harun, Jumat (11/1). Dinas Perwaskim sudah mengecek kondisi pohon-pohon di Kota Tasikmalaya.

BUNGURSARI – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya menjamin kondisi pepohonan tidak akan roboh dalam cuaca normal. Namun, Perwaskim tidak bisa memastikan pohon-pohon itu tahan dari bencana alam.

Kepala Dinas Perwaskim Yono S Karso menyatakan pohon-pohon di Kota Resik sudah rutin dicek petugas. Kondisinya bagus. Kukuh. Namun, dia tidak bisa memastikan bila ada bencana alam apakah pepohonan itu tetap ajek atau runtuh. “Kalau bencana alam kan beda cerita,” ujarnya kepada Radar, Jumat (11/1).

Adapun pohon-pohon di pinggir jalan raya, kata dia, bila dahan-dahannya mengganggu lalu lintas akan dipotong. Pohon juga bisa ditebang bila memang sudah lapuk. “Kalau hanya dahan yang menghalangi ke jalan tidak kita tebang, paling hanya pemangkasan saja,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menyarankan ada pengkajian khusus terkait kondisi pepohonan di Kota Resik. Hal ini untuk meminimalkan dan mencegah timbulnya korban ketika ada pohon roboh akibat puting beliung. “Harus ada pengkajian tentang pohon-pohon yang ada dari pertamanan (Perwaskim),” katanya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.